Jelang Ramadhan, Harga Bawang Putih Di Bengkalis Mencapai Rp38.000/Kg

id jelang ramadhan, harga bawang, putih di, bengkalis mencapai rp38000kg

Jelang Ramadhan, Harga Bawang Putih Di Bengkalis Mencapai Rp38.000/Kg

Bengkalis (Antarariau.com) - Harga bawang putih di Pasar Tradisional di Kecamatan Bengkalis Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau semakin mahal, yakni mencapai Rp38.000 per kilogram, naik dari sebelumnya Rp32.000.

"Jelang bulan puasa ini bawang putih yang melonjak naik, per kilogram kita jual Rp38 ribu, dan perons kita jual Rp 4.000," kata pedagang sayur, Tono di Bengkalis, Senin.

Dia mengatakan, harga bawang putih naik disebabkan kurang pasokan dari daerah pemasok.

"Untuk bawang putih, kita ambil dari Bukit Tinggi, dan naiknya harga ini karena kurangnya pasokan, berbeda dengan harga cabai yang saat ini panen berimpah, harga cabai justru murah sekarang," katanya.

Menurut dia, tinggi rendahnya harga cabai, maupun bawang putih dan merah di Bengkalis tergantung dari hasil panen di daerah pemasok.

"Jika hasil panen berlimpah, semuanya jadi murah, terpaksa kita juga menjual murah, beberapa waktu lalu ada yang menelfon saya mau menolak cabai dengan harga rendah, namun terpaksa kita tolak karena cabai yang kita pasok beberapa hari lalu saja belum habis," ujarnya.

Dia melanjutkan, untuk harga cabai merah yang berasal dari Bukit Tinggi perkilonya seharga Rp30 ribu, dan harga tersebut katanya sudah hampir sebulan bertahan di pasar Bengkalis.

Sementara itu, berbeda dari bawang putih, bawang merah justru menurun, dari sebelumnya Rp30 ribu menurun sebanyak Rp2.000 jadi Rp28 ribu per kilogram.