Jefry Noer Jadi Narasumber RTMPE Di Medan

id jefry noer, jadi narasumber, rtmpe di medan

Medan (Antarariau.com) - H Jefry Noer, penggagas program Rumah Tangga Mandiri Pangan dan Energi (RTMPE) kembali diundang menjadi narasumber di Hotel Garuda Plaza Sumatera Utara, Kamis (12/4).

"Alhamdulillah semua peserta kelompok diskusi itu sangat antusias dan akan membuat lahan percontohan praktek program RTMPE," kata Jefry usai memberikan pemaparannya.

Seperti biasanya saat menjabat Bupati Kampar, dia memaparkan secara rinci soal pemanfaatan lahan yang dapat memberikan penghasilan minimal Rp25 juta per bulan dari lahan 1000 M2 merubah orang miskin jadi kaya mendadak seperti ditulis bukunya berjudul Orang Miskin Jadi Kaya Insyaa Allah Masuk Surga.

Mereka yang hadir sebanyak 46 orang mendengarkan pemaparannya itu dengan serius dan sangat antusias diantaranya, Kepala Dinas Provinsi Sumatera Utara, sejumlah kepala dinas dari kabupaten sesumatera Utara, pihak PTPN II, III, IV, Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS), Pusat Penelitian Karet (PPK) Sei Putih, Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Agrebisnis Perkebunan (STIPAP), Lembaga Pelatihan Perkebunan (LPP), pihak PT Torganda, Yayasan Bitra Indonesia, Pengusaha Kopi Tampak, Sidikalang, Wakil Bupati Tapsel, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Sumut (BPTP), UPT Kementan, Balai Besar Pembenihan Protksi Tanaman Perkebunan, pengurus Perhiptani dan seluruh dosen Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP).

Selain Jefry Noer, dua orang menjadi narasumber dalam acara itu yakni DR Rubi MS dari Balai Besar Pengkajian BBPPTP Kementerian Pertanian dan Prof. DR. Ir. Abdul Rauf dari USU Medan.

"Kami sengaja mengundang bapak Jefry Noer sebagai narasumber untuk memberikan pemaparan program yang dibuatnya semasa menjabat Bupati Kampar tentang penjabaran RTMPE," kata Ketua STPP Medan, Dr. Drs Susanto, MSi melalui Wakil Ketua STPP, Nurliana Harahap, SP, MSi yang juga Ketua Pelaksana kegiatan diskusi grup bertema Menejemen Lahan Pertanian Berkelanjutan.

Dia katakan, seluruh pejabat dan pihak penyelenggara pendidikan STPP Medan akan berkunjung ke Kampar melihat langsung lahan percontohan yang dibuat oleh mantan bupati Kampar ini.

"Dalam waktu dekat kami akan datang study banding bersama pemda Tapanuli Selatan ke Kampar, melihat langsung praktek nyata program RTMPE itu," kata Nurliana.

Seluruh peserta yang hadir sangat antusias dan penuh semangat mendengarkan dan bertanya langsung dengan Jefry Noer soal programnya itu. Mereka menyaksikan tayangam video program RTMPE Kampar.

Rencananya lanjut Liana, akan dibuat di komplek STPP Medan yang akan disinergikan dengan program pertanian, dan seluruh dinas yang hadir sangat merespon akan membuat proyek percontohan di tempat mereka.

"Ini merupakan masukan sangat berharga dan harapan besar bagi STPP penyelenggara pendidikan tentang pertanian, kami akan buat seperti di Kubang Jaya itu," kata dia.

Sementara itu, Wakil Bupati Tapanuli Selatan, Ir Aswin Siregar, MM usai mendengarkan pemaparan Jefry Noer begitu bersemangat. Menurutnya program itu sangat aplikatif, dengan hanya 1000 M2 bisa menghasilkan uang hingga Rp25 juta, "Bagaimana membuat orang miskin bisa mendadak jadi kaya, ini luar biasa," ujarnya.
Pewarta :
Editor:
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar