Aplikasi Polisi Zapin Polresta Pekanbaru, Respon Cepat Tanggapi Pengaduan Masyarakat

id aplikasi polisi, zapin polresta, pekanbaru respon, cepat tanggapi, pengaduan masyarakat

Aplikasi Polisi Zapin Polresta Pekanbaru, Respon Cepat Tanggapi Pengaduan Masyarakat

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Kepolisian Resor Pekanbaru memiliki tiga aplikasi layanan berbasis Teknologi Informasi (IT) bernama "Polisi Zapin" yang digunakan untuk memudahkan tugas anggota maupun pengaduan bagi masyarakat.

"Aplikasi Polisi Zapin Polresta Pekanbaru merupakan layanan publik berbasis IT. Terbagi atas tiga jenis, Polisi Zapin Polresta Pekanbaru internal, masyarakat, dan institusi," kata Kepala Sub Bagian Hubungan Masyarakat Polresta Pekanbaru, Ipda Dodi Vivino di Pekanbaru, Senin.

Aplikasi Pol Zapin Polresta Pekanbaru internal berisi fitur laporan kegiatan, video layanan kepolisian, lokasi kantor polisi terdekat dan laporan kejadian. Ini bertujuan untuk memudahkan personil dalam melaporkan kegiatan dan kejadian ke pimpinan dan seluruh personil.





Kedua aplikasi Polisi Zapin Polresta Pekanbaru untuk masyarakat berisi fitur laporan kejadian, pengaduan, kantor polisi terdekat, dan "panic button" atau tombol darurat. Dengan menekan tiga kali maka dalam waktu dua sampai menit polisi akan datang.

"Maksud dari diluncurkan aplikasi agar memudahkan masyarakat untuk memperoleh layanan kepolisian dengan waktu sangat singkat dan tanpa prosedur yang panjang," ungkapnya.

Terakhir ada satu lagi aplikasi E- TFG atau Elektronik Tactical Floor Game. Ini adalah aplikasi yang dibuat untuk memudahkan polisi khususnya Polresta Pekanbaru dalam mempersiapkan suatu rencana pengamanan baik orang ataupun objek vital.

Dalam aplikasi ini terdapat fitur peta wilayah, sarana prasarana, personil, serta peralatan khusus kepolisian lainnya. Dengan metode layar sentuh, ini merupakan suatu strategi pengamanan diatur dengan menempatkan posisi personil, sarana prasarana dan alat khusus.

"Setelah itu rencana pengamanan yang telah diatur tersebut bisa langsung disebarkan ke seluruh personil Polresta Pekanbaru melalui media soaial dan juga bisa langsung dicetak," jelasnya.

Manfaat E-TFG menurutnya adalah untuk mempersingkat waktu dalam menyusun suatu rencana pengamanan sehingga personil dapat dengan jelas menerima perintah dari pimpinan. Dengan harapan bisa memberikan rasa puas kepada masyarakat dalam memperoleh layanan kepolisian.

Peluncuran telah dilakukan secara resmi oleh Kepala Kepolisian Republik Indonesia, Jendral Tito Karnavian Jumat (3/3) lalu. Khusus untuk aplikasi E-TFG mendapat apresiasi dari kapolri karena tidak ada di kepolisian lain di Indonesia.