Menpan-RB: Tidak Ada Istilah ASN Masuk Kerja Karena Absen

id menpan-rb tidak, ada istilah, asn masuk, kerja karena absen

Menpan-RB: Tidak Ada Istilah ASN Masuk Kerja Karena Absen

Pekanbaru (Antarariau.com) - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Asman Abnur menegaskan kepada seluruh jajaran Aparatur Sipil Negara dalam bekerja jangan hanya berdasarkan absensi.

"Banyak ASN yang datang ke kantor hanya karena absensi, tidak ada lagi istilah seperti itu. Seharusnya datang ke kantor didasarkan pada tanggung jawab terhadap pekerjaan," kata Asman Abnur dalam kunjungan kerjanya di Pekanbaru, Rabu.

Asman bertekad, dalam meningkatkan kualitas ASN yang berperan sebagai abdi negara sekaligus pelayan publik dalam menjawab tantangan yang semakin kompleks ke depan di tengah tingginya tuntutan masyarakat saat ini.

"Dalam pelayanan publik, pegawai negeri tidak boleh kalah dengan pegawai swasta," sebutnya.

Salah satu langkah yang diambilnya dalam peningkatan kompetensi ASN yakni dengan penerapan program pendidikan vokasional bagi aparatur negara sehingga tidak hanya mempunyai kemampuan yang bersifat adminidtratif, tetapi juga penguasaan pengetahuan dan ketrampilan.

"ASN yang sifatnya hanya punya kemampuan administratif akan di sekolahkan ke pendidikan vokasional yang sifatnya memberikan keahlian. Sehingga ke depan menuntut menciptakan ASN yang inovatif," kata dia.

Ketika disinggung terkait pengkajian moratorium CPNS, Asman lebih memilih menyebutnya sebagai kebijakan baru dengan evaluasi pendataan berdasarkan formasi PNS yang dibutuhkan.

"Yang ada sekarang itu kebijakan baru. Melihat pertumbuhan ASN tidak lagi tumbuh positif, jadi struktur penerimaan PNS perlu dievaluasi," kata dia.

Menpan-RB dalam kunjungan kerjanya ke Riau, meninjau beberapa satuan kerja yang berkaitan dengan pelayanan publik mulai dari Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BP2T), Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Unit layanan pengadaan (ULP), Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE), serta Kepolisian Daerah (Polda) Riau.

Setibanya di Ibu Kota Provinsi dengan julukan Bumi Lancang Kuning, Asman Abnur beserta rombongan langsung dijamu oleh gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman.

Kunjungan tersebut merupakan kunjungan pertamanya ke Riau saat menjabat sebagai Menpan-RB yang menggantikan Yuddy Crisnandi.

Oleh: Diana Syafni