Hingga Bulan Desember 2016, Raskin Dumai Sudah Tersalurkan

id hingga bulan desember 2016 raskin dumai sudah tersalurkan

Hingga Bulan Desember 2016, Raskin Dumai Sudah Tersalurkan

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Kepala Perum Badan Urusan Logistik Sub Divre Dumai A Faizal Ashari Rambe mengklaim sudah merampungkan distribusi beras miskin hingga jatah untuk bulan Desember 2016 ke warga penerima.

"Jatah raskin tahap empat periode Oktober hingga Desember sudah kita selesaikan distribusi ke masyarakat penerima dan sejauh ini tidak ada kendala dalam pelaksanan," kata Faizal, Rabu.

Penyaluran raskin untuk wilayah kerja Kota Dumai dinyatakan sudah berjalan baik tanpa kendala berkat koordinasi baik dan dukungan pemerintah daerah setempat dalam proses pendistribusian.

Distribusi lebih awal raskin ke 9.423 rumah tangga sasaran di Kota Dumai ini, lanjut dia, untuk mengurangi kesulitan masyarakat dan bertujuan pengendalian harga di pasaran oleh pemerintah.

Setiap masyarakat penerima berhak atas jatah 15 kilogram beras medium atau 45 kilogram pertiga bulan penyaluran dengan harapan bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan hidup terhadap bahan pangan itu.

"Untuk alokasi raskin Dumai tiap bulan sekitar 141 ton dan distribusi dilakukan sekali dalam tiga bulan atau empat penyaluran pertahun," terang dia.

Pelaksanaan program raskin bagi warga berhak yang digratiskan oleh pemerintah daerah setempat ini selanjutnya akan dilakukan evaluasi bersama dengan Pemerintah Provinsi Riau.

Disamping itu, Bulog mengklaim stok beras untuk kebutuhan masyarakat aman hingga beberapa bulan kedepan karena kondisi persediaan saat ini mencapai 6.500 ton tersimpan di gudang, dan bakal bertambah 14 ribu ton lagi dalam waktu dekat.

Kepala Dinas Sosial Kota Dumai Chairuddin Adnan menyebutkan, pembiayaan program raskin setiap tahun dianggarkan sekitar Rp2,5 miliar untuk pengganti Rp1.600 per kilogram beras kepada Bulog.

"Penerima bantuan raskin di Dumai berjumlah 9.423 rumah tangga sasaran dan masyarakat tidak dipungut biaya karena pemerintah daerah sudah menganggarkan tiap tahun," kata Chairuddin.