Agar Dapat Dana Pusat, SKPD Rohil Diminta Proaktif Usulkan DAK

id agar dapat, dana pusat, skpd rohil, diminta proaktif, usulkan dak

Agar Dapat Dana Pusat, SKPD Rohil Diminta Proaktif Usulkan DAK

Dedi Dahmudi

Rokan Hilir, (Antarariau.com) - Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Daerah Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau meminta kepada seluruh satuan kerja didaerah itu untuk segera mengusulkan program dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2017.

"Kita sudah gelar rapat DAK, jadi jangan ada satupun SKPD yang tidak mengusulkan karena ini salah satu alternatif agar bisa membantu program yang penting melalui dana pusat," ujar Surya Arfan di Bagansiapiapi, Kamis.

Ia berharap peluang ini bisa dimanfaatkan dengan sebaik mungkin mengingat adanya penurunan APBD Rokan Hilir dari tahun ketahun.

"Peran serta SKPD yang mendapatkan DAK diminta untuk proaktif dan segera mengusulkannya," harapnya.

Adapun SKPD dilingkungan Pemkab Rohil yang rutin mendapatkan DAK diantaranya Dinas Bina Marga dan Pengairan, Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dinas Perikanan dan Kelautan, Kantor KB, serta yang berkaitan dengan industri/pasar, perumahan, air minum dan sanitasi, kedaulatan pangan, lingkungan hidup dan kehutanan, energi skala kecil, transportasi, sarana perdagangan dan Pariwisata.

"Kita beri waktu satu minggu paling lama dan sudah diusulkan ke Badan Perencanaan Pembangunan kemudian akan diteruskan ke Kementerian PPN atau Bappenas," tegasnya.

Sekda menilai bahwa usulan tersebut penting mengingat semakin banyak usulan yang diajukan dan kemungkinan dana dari pusat yang akan dikucurkan ke daerah akan semakin besar, meskipun nantinya akan dipilih yang menjadi skala prioritas sejalan dengan program nasional.

"Sedangkan yang sudah diusulkan dan disetujui saja ada pengurangan seperti tahun ini. Jadi kalau bisa usulkan sebanyak-banyaknya," katanya mengakhiri. (Adv)