Pemerintah Dumai Belum Relokasi Buaya 3,5 Meter

id pemerintah dumai, belum relokasi, buaya 35 meter

Pemerintah Dumai Belum Relokasi Buaya 3,5 Meter

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Seekor buaya air asin berukuran sekitar 3,5 meter peliharaan warga Kota Dumai hingga kini belum dipindahkan oleh instansi pemerintah terkait, padahal pemilik reptil ini sudah minta agar segera direlokasi.

Warga Dumai Zulkarnaen menyebutkan, hewan buaya ini sudah dipelihara almarhum orangtua bernama Muhammad Imran sejak lahir sekitar tahun 1990 an, dan diprediksi reptil ini berumur 25 tahun.

Buaya diberi nama Amat semakin besar dan orangtua sudah meninggal dunia pada 2015 lalu, sebagai anak, Zulkarnaen mengaku kewalahan memelihara hewan raksasa ini dan kuatir karena diresahkan masyarakat sekitar.

Permintaan agar buaya dipindahkan dari kurungan di rumah Gang Wakaf Jalan Pemuda Darat Kecamatan Dumai Barat ini pernah disampaikan ke kelurahan, Dinas Kehutanan dan BKSDA Pekanbaru, tapi belum direspon.

"Ukurannya semakin besar, dan warga sekitar sudah resah seandainya lepas dari kandang, karena itu diharapkan instansi berwenang dapat memindahkan buaya ini ke tempat semestinya," sebut Zul kepada Antara, Sabtu.

Dijelaskan dia, selama dalam pemeliharaan orangtua, buaya ini pernah tiga kali lepas dari kandang dan bersembunyi di got dan semak belukar, namun dengan cepat ditangkap dan dikurung kembali.

Awalnya warga tidak meresahkan kehadiran hewan ini semasa almarhum orangtua masih hidup, namun sejak tiada, masyarakat mulai cemas dan kuatir buaya tersebut lepas dan mengancam keselamatan.

"Sejak kecil buaya ini diberi makan ikan dan isi perut ayam, dan saat almarhum bapak meninggal berpesan agar si Amat jangan dibunuh atau dijual, karena itu saya ingin menyerahkan kepada pemerintah," ungkapnya.

Karena panik dan kewalahan memelihara reptil raksasa itu, Zul sempat berpikir akan membunuh hewan tersebut jika mengamuk untuk menjaga diri, namun hal itu diurungkan karena didatangi buaya dalam mimpi.

Ia berharap instansi pemerintah secepatnya memindahkan buaya ini sebelum masyarakat lebih resah dan kuatir dengan keberadaan hewan tersebut yang berada di lingkungan padat pemukiman.