Di Desa Resam Lapis, Bupati Canangkan Kampung KB Tingkat Kabupaten

id , di, desa resam, lapis bupati, canangkan kampung, kb tingkat kabupaten

   Di Desa Resam Lapis, Bupati Canangkan Kampung KB Tingkat Kabupaten

Bengkalis, (Antarariau.com)- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis, Provinsi Riau, mencanangkan Kampong Keluarga Berencana (KB) Tingkat Kabupaten Bengkalis di Desa Resam Lapis, Kecamatan Bantan, Selasa (12/4).

Pencanangan tersebut ditandai dengan pemukulan gong, pembukaan selubung tugu dan penandatangan prasasi Kampung KB Resam Lapis oleh Bupati Bengkalis, Amril Mukminin.

Dalam pelaksanaan pencanangan tersebut, Bupati Bengkalis, Amril Mukminin mengatakan, banyak manfaat jika sebuah keluarga mengikuti program KB.

“KB berperan dalam peningkatan indeks pembangunan manusia. Dari sisi kesehatan, KB ikut menurunkan angka kematian ibu, karena setiap ibu melahirkan berisiko kematian,” kata Amril Mukminin pada saat pencanangan tersebut, Selasa.

Menurut dia, KB bertujuan membentuk keluarga kecil sesuai kekuatan sosial ekonomi dengan cara pengaturan kelahiran anak, agar diperoleh suatu keluarga yang dapat memenuhi kebutuhan hidupnya.

"Program KB bukan untuk membatasi kelahiran, akan tetapi mengatur jumlah kelahiran, agar mencapai kesejaheraan dalam hidupnya. Karena itulah pemerintah perlu mengintervensinya pengaturan kelahiran tersebut, tetapi tidak mengurangi hak-hak seseorang," katanya.

Dijelaskannya, dari sisi pendidikan, program KB akan mempengaruhi kecerdasan anak dan meningkatkan partisipasi sekolah karena perekonomian keluarga lebih mencukupi untuk anak yang hanya dua daripada lebih dari dua.

"Dengan jumlah anak yang sedikit, anak mempunyai peluang lebih besar untuk dapat menikmati pendidikan yang lebih tinggi. Lebih-lebih di saat seperti sekarang ini," katanya.

Selain Wakil Bupati H Muhammad, Ketua DPRD H Heru Wahyudi dan Sekretaris Daerah H Burhanuddin Nazar, hadir dalam pencanangan Kampung KB Resam Lapis itu Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) Provinsi Riau H Yenrizal Makmur.