Persentase Penduduk Miskin Riau 2015 Cenderung Meningkat

id persentase penduduk, miskin riau, 2015 cenderung meningkat

Persentase Penduduk Miskin Riau 2015 Cenderung Meningkat

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Pemerintah Provinsi Riau mencatat bahwa persentase penduduk miskin di daerah itu sepanjang tahun 2015 cenderung meningkat bahkan dalam kurun waktu 2010-2014 berada dibawah nasional.

"Sejak 2010-2014 persentase penduduk miskin Riau cenderung terus menurun tetapi dalam laju yang melambat bahkan tahun 2015 persentase penduduk miskin Riau meningkat menjadi 8,42 persen sedangkan nasional sedikti menurun sebesar 11,22 persen," Kepala Bappeda Provinsi Riau, M. Yafiz, dalam keterangannya di Pekanbaru, Kamis.

Ia menyebutkan itu bagian dari dalam laporan evaluasi kinerja ekonomi Riau tahun 2015 dan meninjau prospek ekonomi Riau tahun 2016.

Menurut Yafiz, persentase penduduk miskin di perdesaan Riau meningkat di tahun 2015 (yoy) dari 8,92 persen menjadi 9,46 persen sedangkan di perkotaan cenderung turun dari 6,90 persen menjadi 6,79 persen pada periode yang sama.

"Kemiskinan ini perlu ditekan, akan tetapi tantangannya yanga ada bahwa tingkat kemiskinan di Provinsi Riau, cenderung akan makin sulit diatasi karena kemiskinan yang tersisa cenderung kronis dan lokasi penduduk miskin cenderung tersebar di wilayah pedesaan,"katanya.

Oleh karena itu, Pemerintah terus menggiatkan penguatan pembanguan di pedesaan dan wilayah perbatasan

dalam mengatasi berbagai bantuan keuangan desa dari APBD Riau sebesar Rp500 juta per desa.

Sedangkan alokasi dana desa melalui APBN diberikan untuk mendukung program penangulangan kemiskinan secara terpadu, instrumen (kelompok program), yakni penanggulangan kemiskinan, bantuan sosial, berbasis individu, rumah tangga atau keluarga.

Selain itu, penguatan pembangunan pendesaan juga dilakukan melalui program penanggulangan kemiskinan berbasis pemberdayaan kelompok masyarakat, penanggulangan kemiskinan berbasis pemberdayaan pelaku usaha mikro dan kecil serta program pro rakyat lainnya untuk mendukung penanggulangan kemiskinan.