Xpress Air Layani Dua Rute Domestik Besok

id xpress air, layani dua, rute domestik besok

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Maskapai swasta milik Indonesia yang berbasis di Makassar, Sulawesi Selatan, Xpress Air bakal melayani dua rute domestik sekaligus pergi pulang yakni Pekanbaru-Palembang, Sumatera Selatan dan Pekanbaru-Tanjung Pinang, Kepulauan Riau mulai besok atau Jumat (18/12).

"Kita akan operasikan pesawat tipe Dornier 328-800 berkapasitas 32 kursi. Selama dalam pesawat, penumpang kita beri makan ringan dan kita bebaskan bagasi sampai 10 kilogram per orang," papar Koordinator Area Manager Xpress Air Indonesia, Ensar Cindra melalui sambungan telepon genggam dari Pekanbaru, Kamis.

Penerbangan perdana besok, lanjut dia, pihaknya menargetkan masing-masing rute diterbangi dengan kondisi kursi terisi mencapai 80 persen dan harga tiket mulai dari Rp699 ribu per penumpang rute Pekanbaru-Tanjung Pinang serta Pekanbaru-Palembang Rp799 ribu per penumpang.

Untuk mendapatkan tiket pesawat Xpress Air itu, bisa dipesan melalui online atau berjaringan maupun menghubungi seluruh perusahaan biro perjalanan berada di Tanah Air seperti di Provinsi Riau.

Ensar mengatakan, selamai ini bila calon penumpang ingin berangkat menuju Kota Palembang dengan menggunakan transportasi udara, harus transif via Bandara Internasional Hang Nadim, Batam atau Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng.

Sedangkan calon penumpang ingin menuju Kota Tanjung Pinang, Pulau Bintan melalui transportasi udara harus transif melewati Bandara Internasional Hang Nadim, Batam dan otomatis memakan waktu lama diperjalanan antar provinsi di Sumatera tersebut.

"Xpress Air hadirkan penerbangan langsung baik dari Pekanbaru menuju Tanjung Pinang maupun Pekanbaru menuju Palembang tidak sampai dua jam melalui udara," katanya.

Otoritas Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II, Pekanbaru sebelumnya menyatakan, maskapai Xpress Air telah meminta jadwal waktu kedatangan dan keberangkatan dari bandara setempat.

"Maskapai Xpress Air sudah minta slot time (jadwal waktu kedatangan dan keberangkatan). Rute diterbangi Pelembang-Pekanbaru-Tanjung Pinang," kata Kepala Divisi Pelayanan dan Operasi Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II, Hasturman Yunus.

Kedua rute dometik tersebut, lanjut Haturman, akan diterbangi pergi pulang satu hari sekali dengan pasar kalangan pebisnis di tiga provinsi yakni Sumatera Selatan, Riau dan Kepulauan Riau (Kepri), lalu wisatawan yang ingin berkunjung ke Pulau Bintan, Kepri.

Selama ini XpressAir fokus menerbangan wilayah timur Indonesia dan menjadi penghubung antara lain Jayapura, Manado, Sorong, Ternate dan Makassar. "Rencana penerbangan perdana mulai dilakukan 18 Desember 2015," ucap Hasturman.

Tercatat Xpress Air adalah sebuah perusahaan di bisnis jasa tranportasi udara baik reguler dan sewa yang mulai beroperasi secara komersial dengan penerbangan rute Jayapura-Jakarta tanggal 23 Juni 2003.