Pejabat Pekanbaru Lepas Atlet Anggar Ke Singapura

id pejabat pekanbaru, lepas atlet, anggar ke singapura

Pejabat Pekanbaru Lepas Atlet Anggar Ke Singapura

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Wali Kota Pekanbaru, Firdaus, resmi melepas keberangkatan, Kevin Fadilah, atlet anggar asal Pekanbaru guna memperkuat tim Indonesia dalam kegiatan "Asian Fencing Championship 2015" di Singapura.

"Acaranya berlangsung 25-30 Juni 2015," kata Firdaus, di Pekanbaru, Senin, kepada Antara usai melakukan pelepasan.

Firdaus menilai, ini kesempatan bagus buat putra Pekanbaru, untuk mengangkat harkat dan nama bangsa dikancah internasional.

Apalagi ini baru yang pertama kalinya atlet anggar berasal dari Pekanbaru ikut kekancah internasional sejak tahun 2000 an.

Ia bahkan mengaku bangga dan mengucapkan selamat. Karena ini bisa jadi peluang untuk mempromosikan Pekanbaru dimata warga Asian.

"Ini suatu kebanggaan dan prestasi, ini akan menambah khasanah promosi Pekanbaru khususnya dan Riau umumnya dimata internasional," tambahnya.

Menurut Wako Pekanbaru adalah kota jasa dan perdagangan yang butuh investasi. Melalui ajang seperti ini bisa diperkenalkan kedunia luar apa saja kekayaan alam dan budaya yang dimiliki Indonesia khususnya Pekanbaru.

"Selamat jalan dan jaga kesehatan, perkenalkanlah bangsa kita, budaya dan kekayaan alam yang dimiliki," sarannya.

Firdaus berharap semoga Kevin dan tiga lagi temannya yang berasal dari provinsi lain bisa meraih prestasi terbaik yang membanggakan bangsa dan Pekanbaru khususnya.

"Tidak usah gentar, walau ada kompetitor China, Thailand dan Vietnam yang memiliki atlet anggar yang kuat," tambahnya.

Ditempat yang sama, Sekretaris

Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (IKASI) Kota Pekanbaru, F. Putra Ocu, mengakui olahraga anggar mulai berkembang di wilayah itu dua tahun terakhir.

"Sejak tahun 2000 kami membina, ini kali pertama atlet kami bisa mengikuti ivent olahraga terbesar yang Asian," ujarnya.

Sebenarnya ada tiga atlet asal Riau yang memperkuat anggar di Singapura, tetapi satu diantaranya asal Pekanbaru. Ini yang pertama.

Kevin Fadilah nantinya akan memperkuat tim pada kelas senjata foil putra, disamping Muhammad Fatah Prasetio, dan Mohamad Zulfikar dikelas yang sama.

"Kevin sudah meraih beberapa prestasi di kancah nasional antaranya, meraih perunggu pada Kejurnas tingkat pelajar tahun 2013 di aceh, dan 2014 di Kalimantan, pernah meraih medali emas pada Jateng Open tahun 2013," paparnya.

Kevin yang kini sekolah di SMAN Pekanbaru, kelas II, mengaku bangga bisa dipercaya membawa nama bangsa. Ia tidak berharap muluk-muluk atas hasilnya, namun yang pasti sudah mempersiapkan diri sedini mungkin dengan latihan.

"Karena ini perdana saya tidak berani pasang target, tetapi saya akan berusaha yang terbaik," katanya singkat.