Disperindag Gelar Sosialisasi Pelaksanaan MEA 2015

id disperindag gelar, sosialisasi pelaksanaan, mea 2015

Disperindag Gelar Sosialisasi Pelaksanaan MEA 2015

Bengkalis, (Antarariau.com)- Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, menggelar kegiatan sosialisasi dan edukasi publik dalam pelaksanaan MEA 2015, Kamis.

"Dengan diberlakukannya MEA, maka terbuka peluang bagi seluruh pelaku usaha di daerah ini untuk meningkatkan pangsa pasar di kawasan ASEAN," kata Sekretaris Kabupaten Bengkalis H Burhanuddin, di Bengkalis, Kamis.

Adapun tujuan dari sosialisasi tersebut adalah meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan wawasan peserta, baik itu aparatur, masyarakat dan pelaku usaha tentang implementasi/pelaksanaan MEA.

Selain itu, guna memberikan edukasi kepada masyarakat dan pelaku usaha di daerah ini tentang kebijakan pasar bebas di kawasan ASEAN.

Lebih dari satu dekade lalu, para pemimpin ASEAN sepakat membentuk sebuah pasar tunggal di kawasan Asia Tenggara yang dikenal sebagai ASEAN Economic Community (AEC) atau Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang akan dimulai pada akhir Desember 2015 mendatang.

Ia mengatakan, setiap pelaku usaha harus jeli membaca setiap potensi dan peluang yang ada dari diberlakukannya MEA. Dan dengan peningkatan kualitas produk yang dihasilkan.

Selain itu, Burhanuddin juga menginstruksikan kepada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Kabupaten Bengkalis untuk saling bahu membahu dan bekerja keras agar pelaku usaha di daerah ini dapat meningkatkan daya saing produk yang dihasilkan.

"Lakukan berbagai program-program kreatif, edukatif dan inovatif sehingga masyarakat dan pelaku usaha dan tenaga kerja di daerah ini siap menghadapi dan dapat berkompetisi serta menjadi pemenang," katanya.

Ia menjelaskan pelaku usaha di kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini tidak perlu takut menghadapi dan memasuki MEA. Karena diberlakukannya MEA akan terbuka peluang usaha yang sangat besar.

Kegiatan sosialisasi yang digelar Disperindag tersebut diikuti sebanyak 80 peserta dari 8 kecamatan di Kabupaten Bengkalis dan diresmikan oleh Sekretaris Kabupaten Bengkalis. (Adv)