Mayjen TNI (Purn) Tri Tamtomo Kagum Dengan Program RTMPE Kampar

id mayjen tni, purn tri, tamtomo kagum, dengan program, rtmpe kampar

Mayjen TNI (Purn) Tri Tamtomo Kagum Dengan Program RTMPE Kampar

Kampar, Riau (Antarariau.com) - Mantan Pandam I/BB Mayjen TNI (Purn) Tri Tamtomo tak henti-hentinya berdecak kagum, saat diajak berkeliling oleh Bupati Kampar Jefry Noer, meninjau fasilitas-fasilitas pelatihan yang ada di komplek Pusat Pelatihan Pertanian Perdesaan Swadaya (P4S) Kubang Jaya, Kecamatan Siak Hulu, Jumat (8/5).

Tri Tamtomo juga didampingi Mayjen TNI (Purn) Yudi beserta istri dan Anggota DPRD Provinsi Riau Eva Yuliana, mereka tak hanya meninjau lokasi peserta pelatihan P4S, Jefry juga menunjukkan Rumah Tangga Mandiri Pangan dan Energi (RTMPE) program yang terbarukan dari Pemkab Kampar.

Lagi-lagi, sikap yang sama ditunjukkan Tri Tamtomo dan rombongan saat melihat lahan RTMPE 1.000 meter persegi yang serba ada itu.

"RTMPE merupakan salah satu solusi untuk meningkatkan ekonomi keluarga karena RTMPE bisa membuat sebuah keluarga mandiri, memenuhi kebutuhan keluarga dan meningkatkan perekonomian keluarga. Di lahan yang hanya seluas 1000 meter persegi, sebuah keluarga bisa mengembangkan beberapa usaha seperti peternakan sapi, peternakan ayam dan ayam petelur, kolam ikan, menanam tanaman pangan," kata Jefry.

"Untuk diketahui, bahwa ketahanan pangan bukan semata-mata beras. Ketahanan pangan adalah kesanggupan masyarakat untuk mendapatkan semua yang dibutuhkan. Kalau sudah ada penghasilan yang cukup atau bahkan besar, maka ketahanan pangan keluarga akan terjaga dengan baik," kata Jefry.

Jefry mengatakan, dalam kawasan lahan percontohan untuk RTMPE, masyarakat dilihatkan tentang bagaimana menjadi peternak dan petani yang propesional.

Dalam kesempatan tersebut, saat disuruh Bupati Kampar memberikan motivasi kepada peserta P4S, Yudi mengatakan Kalau belum melihat seperti ini saya belum bangga, tetapi setelah saya melihatnya saya kaget melihat begitu piawainya Bapak Bupati menggiring masayarakatnya dengan kesadaran, disinilah saya lihat Bupati yang betul-betul mempersiapkan masyarakatnya untuk perang.

2 tahun yang lalu pun saya sudah hadir ditempat ini waktu persemian koperasi, biasanya dimana-mana setelah diresmikan kita pulang tapi tidak dipedulikan lagi, tetapi disini saya lihat begitu banyak pelatihan – pelatihan yang bisa mendongkrak ekonomi masyarakat.

"Berbahagialah saudara punya pemimpin yang terbuka dan tampil apa adanya. Lantaran Bupati saudara seperti ini, rajinlah bermimpi. Sebab mimpi itu gratis dan bupati saudara bisa menjembatani untuk mewujudkan mimpi itu. Jangan pernah mengatakan tak bisa. Sebab Pemkab Kampar sudah mensiapkan semuanya," katanya. (Adv)

Pewarta :
Editor: Netty Mindrayani
COPYRIGHT © ANTARA 2015