Pengusaha "Speed Boat" Inhil Mulai Naikan Tarif

id , pengusaha, speed boat, inhil mulai, naikan tarif

  Pengusaha  "Speed Boat" Inhil Mulai Naikan Tarif

Tembilahan, (Antarariau.com) - Tarif angkutan transportasi untuk jenis kapal cepat atau "Speedboat" di Kabupaten Indragiri Hilir, Riau, ikut melonjak naik setelah kenaikan harga bahan bakar minyak bersubsidi.

Salah seorang pengusaha transportasi laut yang juga merupakan agen "Speedboat", M. Yusuf (40) di Tembilahan, Rabu, mengakui terpaksa menaikkan tarif angkutan atau ongkos karena untuk penyesuaian dengan naiknya harga BBM.

"Jika kedepannya harga BBM mengalami penurunan, maka otomatis ongkos speedboat juga akan dinormalkan kembali," ujarnya.

Dia mengungkapkan bahwa sebelumnya tarif untuk rute Tembilahan - Kuala enok, dikenakan biaya sebesar Rp50.000, namun sekarang rute tersebut dikenakan ongkos sebesar Rp55.000.

"Ada kenaikan harga sebesar Rp5000," terangnya.

Selain transportasi jalur laut, transportasi jalur darat, yaitu berupa jasa ojek juga mengalami perubahan harga, seperti yang diungkapkan oleh salah satu tukang ojek, Bakri (25).

"Kami terpaksa menaikkan tarif ojek sebesar Rp2000," katanya.

Dia mengatakan kenaikan tarif ojek tersebut dilakukan karena kenaikan dari harga BBM, dan dia mengakui bahwa sejauh ini para pelanggannya memaklumi kondisi tersebut.

"Di Kecamatan Tanah Merah, biasanya ditingkat pengecer BBM berupa Bensin Premium di jual Rp13.000 per satu setengah liter, namun sekarang dijual seharga Rp14.000," paparnya.

Sebagian besar dari luas wilayah atau 93,31 persen daerah Kabupaten Indragiri Hilir merupakan daerah dataran rendah, yaitu daerah endapan sungai, daerah rawa dengan tanah gambut (peat), daerah hutan payau (mangrove) dan terdiri atas pulau-pulau besar dan kecil dengan luas lebih kurang 1.082.953,06 hektar dengan rata-rata ketinggian lebih kurang 0-3 Meter dari permukaan laut.

Kabupaten Indragiri Hilir merupakan kabupaten yang terdiri dari 20 kecamatan, dan yang dapat dilalui dengan jalur darat hanya enam kecamatan saja, diantaranya yaitu, Kecamatan Keritang, Kempas, Tembilahan Kota, Tembilahan Hulu, Tempuling. Selebihnya untuk menuju kecamatan lain dari pusat Kabupaten yaitu Tembilahan, masyarakatnya menggunakan jasa transportasi laut berupa "Speedboat". (Adv)