Pimpinan AKD DPRD Riau Dapat Mobdin Baru

id pimpinan akd, dprd riau, dapat mobdin baru

Pimpinan AKD DPRD Riau Dapat Mobdin Baru

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Sejumlah 20 Pimpinan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) DPRD Riau mendapatkan mobil dinas mewah untuk operasional berjenis Nissan X-Trail baru yang merupakan pinjam pakai dari Biro Perlengkapan Sekretariat Daerah Provinsi (Setdaprov) setempat.

20 AKD itu terdiri dari Ketua dan Wakil Ketua dari lima komisi, delapan ketua fraksi, satu ketua Badan Kehormatan, dan satu lagi Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (BP2D).

"Sudah ada 20 unit yang bisa dipakai. Seharusnya sekarang sudah diberikan," kata Ketua DPRD Riau, Suparman di Pekanbaru, Kamis.

Diketahui dari total 65 anggota, sebanyak 41 legislator bukan pimpinan AKD sudah mendapatkan mobil bekas mantan anggota dewan periode 2009-2014 yang penyerahannya dilakukan Selasa (27/1) kemarin. Sedangkan empat lagi pimpinan DPRD Riau juga menggunakan mobil bekas periode lalu.

DPRD Riau sendiri sejak dilantik belum mendapatkan mobdin meskipun sudah dianggarkan sebelumnya. Namun, mobdin yang anggarannya senilai Rp70 miliar itu akhirnya dibatalkan dengan alasan ada kritik publik dan kesalahan nomenklatur anggaran.

Kemudian diputuskan anggota mendapatkan mobdin bekas periode lalu. Tapi karena periode sebelumnya hanya berjumlah 55 anggota, hingga akhirnya pimpinan AKD diputuskan mendapatkan mobdin baru.

Suparman mengatakan 20 mobdin itu masuk dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2014. Kemudian ketika ditanyakan apakah anggaran Rp70 miliar itu yang diubah menjadi anggaran 20 unit mobil, menurut dia itu merupakan angggaran pengadaan yang belum dilaksanakan.

Mobil berjenis New Nissan X-Trail tercantum harga "E-catalog"nya Rp407.252.500 per unit. Sedangkan nama kegiatan pengadaan itu adalah Alat Angkutan Darat Jenis Jeep.