Polres Rohil ingatkan masyarakat tangkal hoaks

id Polres Rohil

Polres Rohil ingatkan masyarakat tangkal hoaks

Polres Rohil saat menyampaikan pesan Pilkada damai. (ANTARA/HO-Polres Rokan Hilir)

Rokan Hilir (ANTARA) - Dalam upaya menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) menjelang Pilkada Serentak 2024, Kapolres Rokan Hilir AKBP Isa Imam Syahroni melaksanakan kegiatan cooling system yang berfokus pada penanganan berita hoaks, Sabtu (19/10).

Kegiatan ini diwakili oleh Padal Regu III Satgas Preemtif Operasi Mantap Praja Lancang Kuning Tahun 2024 Polres Rohil, Ipda Darlinson Sitorus bersama dengan personel lainnya. Mereka menyasar masyarakat di Simpang Mutiara dan Simpang Benar, Kecamatan Tanah Putih.

Dalam imbauannya, Ipda Darlinson mengajak masyarakat untuk tidak mudah terprovokasi oleh berita hoaks yang berkaitan dengan Pilkada.

"Kami mengimbau warga untuk cerdas dalam bermedia sosial dan tidak cepat percaya dengan informasi yang tidak jelas kebenarannya,” ujarnya.

Ia juga menjelaskan adanya sanksi pidana dan denda bagi pelaku penyebaran berita hoaks, mengingat pentingnya menjaga kamtibmas selama periode pemilihan.

Kapolres Rohil AKBP Isa Imam Syahroni menegaskan bahwa kegiatan coolingsystem merupakan bagian dari upaya Polres Rohil dalam menciptakan situasi Harkamtibmas yang aman dan kondusif.

"Kegiatan ini bertujuan agar masyarakat merasa nyaman dan terhindar dari berita-berita yang dapat menyesatkan,” ujarnya.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan masyarakat dapat berpartisipasi aktif dalam menjaga keamanan dan ketertiban, serta tidak terpengaruh oleh berita hoaks yang dapat merusak suasana pemilu.