Meranti turunkan 74 atlet ikuti Popda Riau 2024, target 5 besar

id Disporapar Meranti ,Popda Riau 2024,Meranti ikuti Popda Riau

Meranti turunkan 74 atlet ikuti Popda Riau 2024, target 5 besar

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Kepulauan Meranti, Ery Suhairi. (ANTARA/Rahmat Santoso)

Selatpanjang (ANTARA) - Kabupaten Kepulauan Meranti akan menurunkan 74 atlet untuk berkompetisi di Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) XVII Provinsi Riau yang diselenggarakan pada 28 Juni sampai 3 Juli 2024

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Kepulauan Meranti, Ery Suhairi mengatakan, pihaknya sudah melakukan persiapan yang matang untuk mengikutsertakan atlet di iven tersebut. Ia mengaku pada tahun 2023 lalu, Meranti sempat absen akibat terkendala dengan anggaran.

"Kita tahun lalu sempat absen. Jadi tahun ini kita yakin dan persiapkan atlet pelajar untuk bertanding di Popda Riau," ujar Ery didampingi Kabid Pemuda dan Olahraga, Dedi Sahrani ketika ditemui ANTARA, Senin.

Dari 9 cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan, kata Ery, Kepulauan Meranti hanya mengikuti 7 cabangsaja. Diantaranya atletik, pencak silat, bola basket, bola voli, sepak takraw, tenis lapangan dan bulutangkis.

Sebanyak 7 cabor itu, ada 74 atlet yang akan ikut bertanding. Kemudian bagian lainnya yang dilibatkan seperti ofisial 8 orang dan pelatih 7 orang.

"Atlet, official beserta pelatih itu ada 89 orang. Kalau ditotalkan semuanya dengan digabungkan pendampingan dari dinas, kontingen Kepulauan Meranti berjumlah 103 orang," rinci Ery.

Ery mengaku tahun ini Kepulauan Meranti terlibat dalam Popda tahun 2024 didukung dengan ketersediaan anggaran yang tidak terlalu besar. Namun ia tetap optimis para atlet bisa meraih hasil yang maksimal dan Meranti berdiri diperingkat lima besar.

"Kita mengharapkan semua cabangyang kita ikuti ini bisa membawa pulang medali. Dan peringkat kabupaten, kita targetkan masuk lima besar di Popda Riau tahun 2024," sebutnya.

Untuk itu, ia meminta para atlet untuk menjaga stamina dan kondisi tubuh agar tetap sehat selama menjalankan Taining Center (TC) di beberapa tempat. Apalagi saat ini selain waktu untuk melakukan latihan, juga disibukkan dengan ujian sekolah.

"Yang terpenting jaga stamina dan kesehatan menjelang Popda dilaksanakan. Kalau pas saat ujian sekolah kita di setop dulu latihannya, sehingga fokus ujian dan latihan tidak terganggu," harapnya.

Selain itu, Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kepulauan Meranti sudah mempersiapkan bonus untuk para atlet dan pelatih. Bonus ini diberikan bagi yang meraih medali emas, perak dan perunggu di Popda Riau tahun 2024.

"Untuk atlet berprestasi yang mendapatkan medali, kita sudah persiapkan bonusnya berupa uang tunai," tambah Ery Suhairi.