BLH Kuansing Gelar Kegiatan Kebersihan Lingkungan

id blh kuansing, gelar kegiatan, kebersihan lingkungan

BLH Kuansing Gelar Kegiatan Kebersihan Lingkungan

Teluk Kuantan, (Antarariau.com) - Badan Lingkungan Hidup ( BLH ) Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau menggelar kegiatan penilaian kebersihan lingkungan perkantoran dilingkungan satuan kerja perangkat daerah ( SKPD ) setempat dalam rangka memperingati hari lingkungan hidup tahun sedunia 5 Juni 2014.

"Karena kegiatan ini memberikan dampak positif bagi kantor dinas, badan, satuan dan RSUD dalam meningkatkan kebersihan," kata Kepala Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Kuantan Singingi Indra Suandy MT di Taluk, Minggu.

Ia mengatakan, pada tahun sebelumnya juga kegiatan serupa dilaksanakan, hasilnya sangat mengembirakan bahkan tahun ini lebih dimeriahkan lagi dengan memberikan sejumlah penghargaan kepada satker yang berprestasi dibidang kebersihan yang digelar.

Bagi kantor yang behasil meraih predikat kebersihan terbaika akan diberikan reward dari Bupati Penyerahan hadiah akan diberikan langsung oleh Bupati Kuansing H Sukarmis pada cara peringatan hari lingkungan hidup sedunia mendatang.

"Misalnya keberadaan dan jumlah tong sampah dimasing-masing SKPD," sebutnya.

Menurutnya, tong sampah terdiri tong sampah organik dan an organik, walaupun memiliki dua tong sampah , masih akan dilihat cara SKPD memilih sampah. Jika sampah organik dan anorganik tercampur, nilainya akan berkurang.

"Dari sisi keasrian dinilai lebih mengarah kepada fungsi lindung tanaman," ucapnya.

Penilaian dilakukan secara transparan ujarnya, artinya hasil penilaian mulai dari yang mendapatkan penilaian terbaik dan tidak baik diberikan kepada masing-masing SKPD lengkap dengan datanya dari hasil penilaian terhadap 46 indikator.

"Tujuan diberikannya hasil ini agar maisng-masing SKPD mengetahui kekurangan mereka selama ini dan menjadi dasar untuk memperbaiki dimasa mendatang," ujarnya.

Surat Keputusan Bupati Kuantan Singingi Nomor Kpts.238/4/2013 Tentang Lomba Kebersihan Perkantoran, Perumahan dan Sekolah tahun 2013 juara pertama diraih Dinas Tanaman Pangan, juara kedua Dinas Pasar, Kebersihan dan Pertamanan (DPKP), dan juara ketiga Dinas Kehutanan, Badan Lingkungan Hidup, Promosi dan Investasi (BLHPI) dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kuansing.