ASIAP Elnusa Petrofin juara pertama program pengembangan UMKM Anugerah BUMN 2024

id asiap, elnusa petrolium, bumn, 2024

ASIAP Elnusa Petrofin juara pertama program pengembangan UMKM Anugerah BUMN 2024

ASIAP Elnusa Petrofin raih juara pertama program pengembangan UMKM terbaik ajang Anugerah BUMN 2024. (ANTARA/dok)

Pekanbaru (ANTARA) - PT Elnusa Petrofin (EPN), anak usaha dari PT Elnusa Tbk, menorehkan prestasi gemilang dalam ajang bergengsi Anugerah BUMN 2024 yang ke-13, yang diselenggarakan oleh BUMN Track.

Pada kesempatan ini Elnusa Petrofin mendapatkan penghargaan Juara 1 Terbaik Program Perusahaan Pengembangan UMKM Terbaik Kategori “Corporate” Anak Perusahaan BUMN yang diserahkan langsung oleh Tulus Abadi selaku salah satu Dewan Juri Anugerah BUMN 2024.

Ajang Anugerah BUMN 2024 diarahkan untuk mendorong keseimbangan dalam tata kelola BUMN dan Anak usahanya serta prinsip keberlanjutan yang memiliki tanggung jawab khusus dalam menjalankan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) atau Corporate Social Responsibility (CSR).

Program TJSL ini dirancang untuk memberikan manfaat yang luas kepada masyarakat, yang meliputi pembangunan ekonomi, sosial, lingkungan, serta hukum dan tata kelola perusahaan.

Direktur Keuangan & Administrasi, Yogi Firdaus saat menerima penghargaan secara langsung mengungkapkan apresiasinya kepada BUMN Track atas penghargaan yang diraih pihaknya. Penghargaan ini diterima dalam kategori Program Perusahaan Pengembangan UMKM Terbaik di Anugerah BUMN Award 2024.

Yogi menjelaskan bahwa program unggulan PT Elnusa Petrofin, yaitu Asiap (Armada Transportasi Desa Sapa Raya), menjadi salah satu nilai tambah yang diakui oleh juri.

Asiap adalah kegiatan pengendalian sampah melalui layanan operasional pengangkutan sampah oleh Kelompok Sadar Sampah Desa Sapa Raya, yang melibatkan 3 Desa di Kecamatan Tenga, Kabupaten Minahasa Selatan, sebagai wilayah Ring 1 operasi EPN yakni Depot LPG Amurang.

"Program ini mampu mengangkut seluruh sampah di Desa Sapa Raya secara terjadwal, memberikan profit ekonomi bagi Kelompok BUMDes ini, serta mengurangi dampak sampah terhadap lingkungan," ujar Yogi usai acara ini di Jakarta Rabu (13/3) lalu, dengan tema utama "Business Reinvention untuk Optimalisasi Peluang Bisnis di Industri 4.0".

Sebelumnya, sampah di wilayah tersebut dibuang secara liar ke tengah laut dari masing-masing rumah, karena tidak adanya Tempat Pembuangan Sampah (TPS) atau Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) di wilayah tersebut. Dengan Asiap, tidak hanya sampah dapat diangkut dengan terjadwal, tetapi juga memberikan keuntungan ekonomi yang signifikan bagi masyarakat setempat.

Sejak program ini telah diresmikan sejak tahun 2022 dan berhasil memfasilitasi 2.907 orang dalam pengangkutan sampah, serta berhasil mengurangi sampah laut sebesar 7,2 ton per bulan.

Sebanyak 9 orang penerima manfaat sebagai Kelompok Sadar Sampah Desa Sapa Raya yang dibentuk EPN ini sebelumnya hanya Ibu Rumah Tangga (IRT) dan pekerja Buruh Buah Kelapa. Dari program ini mereka berhasil memperoleh profit ekonomi baru sebesar 33,6 juta per tahun.

Peningkatan pendapatan ini diperoleh dari Iuran atau Retribusi sampah masyarakat setiap Bulan dan jasa pengangkutan/pindahan barang melalui armada motor tersebut.