Sistem informasi "Satu UNRI" digaungkan

id satu unri,unri, universitas riau

Sistem informasi "Satu UNRI" digaungkan

Sosialisasi Sistem Informasi Akademik terpadu Universitas Riau (Satu UNRI) di Gedung Senangin Fakultas Perikanan dan Kelautan (FPK) Universitas Riau, Kamis (25/1).  (ANTARA/dok)

Pekanbaru (ANTARA) - Dalam rangka integrasi aplikasi di lingkungan Universitas Riau, pihak kampus sosialisasi Sistem Informasi Akademik terpadu Universitas Riau (Satu UNRI) di Gedung Senangin Fakultas Perikanan dan Kelautan (FPK) Universitas Riau, Kamis (25/1).

Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja Sama dan Sistem Informasi Universitas Riau, Dr. Ir. Sofyan Husein Siregar, M.Phil, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Sistem Informasi Satu UNRI diawali pada tahun 2023 dengan membentuk tim percepatan Sistem Informasi UNRI.

"Alhamdulillah tim sudah bekerja cepat, sampai hari ini kita bisa melakukan sosialisasi," ungkap Sofyan Husein Siregar.

Lebih lanjut, iamenyampaikan bahwa transformasi adalah hal yang tidak bisa ditawar-tawar dalam pengembangan institusi. Sistem Informasi Satu UNRI akan melakukan sinkronisasi semua aktifitas di lingkungan UNRI, yang sudah dimulai dari Desember 2023.

Pada kegiatan sosialisasi ini, ada empat fakultas yang diundang, yaitu FPK, FKIP, FH dan FKp. Sedangkan fakultas yang lain telah dilakukan sosialisasi, dimana tim percepatan Satu UNRI datang langsung ke masing-masing fakultas.

Sofyan Husein Siregar juga menjelaskan bahwa Sistem Informasi Satu UNRI akan terintegrasi dalam satu bigdata, BKD dan remunerasi termasuk di dalamnya.

Harapannya, Sistem Informasi Satu UNRI akan menjadi kunci keberhasilan menuju PTNBH, dan pada tahun 2026, Sistem Informasi di UNRI sudah sama persis dengan Top 10 Universitas di Indonesia.

Kegiatan sosialisasi tersebut, dibuka langsung Rektor Universitas Riau, Prof. Dr. Sri Indarti, SE, M.Si dan menyampaikan apresiasi kepada tim percepatan Satu UNRI.

Awal tahun 2023, banyak Sistem Informasi UNRI yang tertinggal, banyak info yang tidak update, seperti skor PTNBH UNRI, yaitu 62, dibawah nilai UniversitasJambi, Bengkulu, dan Lampung. Setelah ditelusuri, ternyata Informasi UNRI yang tidak update, seperti nilai akreditasi yang tidak terinput ke sistem.

Lalu dengan adanya percepatan Sistem Informasi, nilai PTNBH UNRI terus bergerak naik, sampai pada akhir Desember 2023,sudah mencapai nilai 321, bisa mengalahkan Bengkulu yang nilanya 300. Ini yang memacu UNRI untuk menerapkan aplikasi terintegrasi.

Rektor UNRI juga menjelaskan tentang pencapaian Visi UNRI 2035, selain dengan Sistem Informasi yang handal, tentunya diikuti dengan Tata Kelola yang baik dan SDM yang berkualitas.

"Dengan melihat dinamika organisasi di era Globalisasi ini, mau tidak mau IT harus berjalan. Kita bentuk tim percepatan Satu UNRI, untuk mengantisipasi dinamika tersebut," ungkap Sri Indarti