KPU Jakarta Utara gandeng warga untuk ikut dan awasi proses sortir surat suara

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, KPU

KPU Jakarta Utara gandeng warga untuk ikut dan awasi proses sortir surat suara

Anggota KPU Kota Jakarta Utara Ibnu Affan (kanan) di Kantor KPU Jakarta Utara, Tanjung Priok. (ANTARA/HO-KPU Jakarta Utara)

Jakarta (ANTARA) - KPU Jakarta Utara menggandeng warga untuk mengikuti dan mengawasi proses sortir dan lipat surat suara untuk pemilihan anggota DPRD DKI Jakarta yang berlangsung di Tanjung Priok dan Gudang Logistik Semper, Cilincing pada Selasa.

Anggota KPU Kota Jakarta Utara Ibnu Affan saat meninjau proses pelipatan surat suara di Kantor KPU Jakut, Tanjung Priok, Selasa, mengatakan masyarakat tidak hanya diikutkan untuk melipat surat suara, namun juga bisa melaporkan ketika menemukan lembaran yang rusak setiap hari pengiriman.

"Per hari ini, jumlah surat suara setelah sortir berjumlah 256.315. Adapun yang rusak langsung kami buatkan berita acara dan itu pasti dimusnahkan," kata Ibnu kepada wartawan di Jakarta Utara.

Surat suara yang rusak sudah dipisah oleh KPU Jakut. Setiap hari itu dilaporkan oleh masyarakat, kemudian petugas KPU menempel jumlahnya juga di papan pemberitahuan.

Sehingga semua bisa mengawasi berapa jumlah surat suara yang rusak. Kategori kerusakan pun disebutkan, misal karena robek, karena tinta meluber, atau potongan yang tidak bagus. Ibnu mengatakan jumlah surat suara yang rusak itu belum sampai 1 persen dari total surat suara yang diterima di Jakarta Utara.

Ibnu mengatakan semua data sortir-lipat tersebut dijabarkan seluruhnya di papan pemberitahuan. Selain itu, datanya masih terus dimutakhirkan setiap hari, sejak proses sortir-lipat surat suara dimulai pada Kamis (28/12).

KPU Pusat memberi tenggat waktu 30 hari untuk KPU Jakut menyelesaikan proses sortir dan lipat seluruh desain surat suara. Tapi saat ini, progres sortir-lipat surat suara di Jakarta Utara untuk DPRD Provinsi DKI Jakarta saja, baru mendekati 50 persen.

KPU Jakut sudah membagi tempat melipat surat suaranya menjadi dua, menyesuaikan dengan daerah pemilihan (dapil) calon anggota legislatif, yaitu di Gudang Semper untuk dapil Cilincing, Koja, Kelapa Gading (Cikoding) dan surat suara di Kantor KPU Jakut untuk dapil Tanjung Priok, Pademangan, Penjaringan (Taparing).

Ibnu optimistis KPU Jakut mampu memenuhi target waktu yang ditetapkan KPU Pusat. Karena rata-rata masyarakat yang digandeng KPU Jakut pernah berpengalaman ikut menyortir dan melipat surat suara.

"Berapa persen masyarakat yang kami akomodir untuk membantu proses sortir-lipat surat suara itu, saya kurang begitu paham mendetail. Tapi yang saya tahu, masyarakat sini banyak yang biasa ikut terlibat juga," kata Ibnu.

Masyarakat Jakarta Utara dapat melaporkan apabila menemukan dugaan pelanggaran dalam pelaksanaan tahapan Pemilu 2024 melalui kontak WhatsApp 081110011146.

"Pemilu dapat berjalan dengan baik dan lancar selama kita bisa berkoordinasi dengan baik," ujar dia pula.

Baca juga: Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari minta jajarannya bekerja profesional dan transparan

Baca juga: KPU DKI gelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2024