Anies Baswedan kunjungi kawasan terpinggir di Pekanbaru, lalui jalan rusak parah

id Anies Baswedan, Capres nomor 1, kampanye Pekanbaru, kawasan kumuh

Anies Baswedan kunjungi kawasan terpinggir di Pekanbaru, lalui jalan rusak parah

Calon Presiden nomor urut 1 Anies Rasyid Baswedan saat kunjungan kampanye politiknya di Pekanbaru, Riau. (ANTARA/Diana S)

Pekanbaru (ANTARA) - Calon Presiden nomor urut 1 Anies Rasyid Baswedan melakukan kampanye ke Kota Pekanbaru dengan salah satu agenda mengunjungi kawasan Kampung Bata di Jalan Budi Agung, Kecamatan Tenayan Raya, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, Rabu.

Kampung Bata merupakan perkampungan terpinggir di Kota Pekanbaru dengan banyak persoalan sosial, ekonomi, pendidikan dan kesehatan yang terjadi.

Kedatangan Anies Baswedan langsung disambut ratusan masyarakat dengan antusias. Anies berpenampilan santai dengan menggunakan kaos bertuliskan programnya yakni bansos plus amin.

Perwakilan masyarakat Damrizal menyampaikan aspirasinya langsung kepada Anies tentang jalan rusak sepanjang 500 meter, yang mana ketika hujan deras jalan itu tidak bisa dilalui. Selain itu, juga kondisi air berwarna kuning, persoalan listrik dan lainnya.

"Beginilah yang kami rasakan disini pak, jalannya rusak, kalau hujan deras sudah tidak bisa jalannya dilalui. Selain itu, air sumur kami kuning. Jangankan untuk minum, kami nyuci baju sekolah anak yang warnanya putih lama-lama jadi kuning," ucap Damrizal.

Warga lainnya, Lisa menyampaikan keluhan masalah pendidikan. Lisa yang merupakan ibu rumah tangga dan suaminya berprofesi sebagai supir mengeluhkan kesulitan untuk mendaftarkan anaknya ke sekolah negeri karena sistem zonasi yang diterapkan. Dengan terpaksa ia harus memasukkan anaknya di sekolah swasta yang biayanya sangat mahal.

Menanggapi hal itu, Anies Baswedan mengatakan bahwa aspirasi yang disampaikan masyarakat sejalan dengan program yang ia miliki diantaranya pembangunan daerah tertinggal harus menjadi program prioritas.

"Kami mendengar keluhan yang disampaikan, ini salah satu perhatian kita bahwa daerah yang memiliki ketertinggalan harus jadi prioritas, pembangunan infrastruktur dasar seperti air bersih, kebutuhan pangan, papan, infrastruktur jalan," kata dia.

Dia mengatakan program ini sudah dilakukannya saat menjabat sebagai Gubernur Jakarta. Menurutnya dengan pengalaman yang dimiliki pembenahan di seluruh kawasan akan lebih mudah dilakukan jika dia terpilih nanti

"Ini sudah dikerjakan saat saya menjabat di Jakarta. Kampung dibagusin anggaran nanti dinaikkin dipastikan puskesmas posyandu aktif. Kita punya semangat untuk membangun kampung tanpa harus menggusur," ucapnya.

Saat berkunjung Anies melalui ruas jalan yang hancur. Dia juga sempat mengunjungi salah satu rumah milik seorang buruh yang kondisinya memprihatinkan dan tidak layak dan juga melihat kondisi sumur yang airnya berwarna kuning.