Politik Kemarin, revisi DCT Pemilu 2024 hingga kampanye capres-cawapres

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, Pemilu 2024

Politik Kemarin, revisi DCT Pemilu 2024 hingga kampanye capres-cawapres

Foreder melaporkan perusakan alat peraga kampanye (APK) pasangan calon presiden dan wakil presiden, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD di kantor Bawaslu RI, Jakarta, Jumat (8/12/2023). (ANTARA/HO-Foreder)

Jakarta (ANTARA) - Berbagai peristiwa politik diwartakan Kantor Berita ANTARA pada Jumat (8/12), yang masih layak dibaca untuk informasi pagi ini.

1. Bawaslu minta KPU revisi DCT ikuti putusan keterwakilan perempuan

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI Rahmat Bagja meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI untuk merevisi daftar calon tetap (DCT) Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 sesuai dengan putusan kasus keterwakilan perempuan.

Bagja mengingatkan hal itu sejalan dengan hasil putusan sidang pemeriksaan pelanggaran administratif pemilu mengenai keterwakilan perempuan kurang dari 30 persen pada pemilu anggota legislatif.

Selengkapnya baca di sini

2. Bawaslu RI-Polri terus koordinasi bahas kebocoran data DPT Pemilu

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI Rahmat Bagja mengatakan bahwa pihaknya terus berkoordinasi dengan Cyber Crime Mabes Polri mengenai dugaan kebocoran data Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2024 dalam sistem Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

"Kami masih berkoordinasi dengan teman-teman yang mempunyai kemampuan untuk mendeteksi itu. Kami sekarang masih koordinasi kebocorannya di mana? Apakah betul di KPU? Kan belum tentu juga ini. Apakah betul di Dukcapil (Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil)? Itu juga harus kita cek," kata Bagja di Jakarta, Kamis.

Selengkapnya baca di sini

3. Timnas AMIN klaim gelombang dukungan semakin bertambah

Tim Nasional Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Timnas AMIN) menyatakan bahwa dukungan terhadap pasangan calon (paslon) nomor urut satu semakin bertambah berkat kampanye di berbagai daerah.

"Kami melihat setelah berkampanye ke daerah-daerah gelombangnya semakin besar," kata Juru Bicara (Jubir) Timnas AMIN, Usamah di Jakarta, Jumat.

Selengkapnya baca di sini

4. Prabowo bertemu dan doakan bocah viral Kenneth Matthew

Menteri Pertahanan sekaligus calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto bertemu dengan bocah yang viral akan kejeniusannya, Kenneth Matthew, di kediaman pribadinya di Jalan Kertanegara IV, Jakarta, Kamis (7/12) sore.

Momen kunjungan silaturahim itu diungkap Prabowo dalam unggahan foto di akun Instagram pribadinya, @prabowo. Ia bercerita bahwa dirinya takjub saat mendengarkan cita-cita Kenneth kelak.

Selengkapnya baca di sini

5. TPN: Atikoh dan Alam berperan besar tingkatkan dukungan ke Ganjar

Juru bicara Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Aryo Seno Baskoro, menilai sosok Siti Atikoh Suprianti dan Muhammad Zinedine Alam Ganjar punya peran besar dalam meningkatkan dukungan kepada calon presiden Ganjar Pranowo (GP), karena respons masyarakat terhadap istri dan putra Ganjar itu sangat positif.

"Respons masyarakat terhadap Mas Alam sangat tinggi. Mas Alam tampil tidak hanya sebagai support system Pak GP, tetapi melebihi dari itu," kata Aryo Seno dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.

Selengkapnya baca di sini