30 UMKM ramaikan Pertamina SMEXPO 2023 di Pekanbaru

id umkm, smexpo,pertamina

30 UMKM ramaikan Pertamina SMEXPO 2023 di Pekanbaru

Pertamina gelar SMEXPO 2023 di gelar di Pekanbaru diikuti oleh 30 UMKM. (ANTARA/dok)

Pekanbaru (ANTARA) - Sebanyak 30 Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) binaan PT Pertamina (Persero) ikut meramaikanpameran Pertamina SMEXPO 2023 di Pekanbaru pada 15-19 November ini.

Corporate Secretary PT Pertamina Hulu Rokan, Rudi Ariffianto mengatakan, SMEXPO 2023 menjadi upaya nyata untuk memperkenalkan produk UMKM secara luas melalui beragam aktivasi.

Ajang ini merupakan sebagai upaya mendukung dan memajukan UMKM lokal. Kegiatan lanjutan setelah sebelumnya sukses diselenggarakan secara hybrid di tiga kota besar, yakni Balikpapan, Jakarta dan Semarang.

"Ini merupakan wujud nyata dari komitmen Pertamina terhadap pilar-pilar keberlanjutan, terutama dalam mengimplementasikan program pembinaan sebagai bagian inklusif dari Pertamina Sustainable Economy," katanya di Pekanbaru, Rabu.

Selain pameran, Pertamina juga memberi ruang bagi UMKM inklusi, dengan melibatkan komunitas disabilitas yang disebut "Sobat Istimewa", untuk mengapresiasikan kreatifitas dalam bentuk karya dan prestasi yang dituangkan dalam berbagai produk unggulan.

Dia menambahkan, seiring dengan tren saat ini, produk UMKM kian eksis dan berkembang menjadi satu industri yang memiliki potensi besar. Kehadirannya telah berkontribusi dalam meningkatkan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja.

Sedangkan di Riau, Pertamina telah membina sekitar 2.860 UMKM melalui berbagai kegiatan pelatihan, pameran, promosi dan pendampingan sertifikasi.

Langkah pembinaan tersebut sebagai upaya Pertamina dalam mendorong UMKM naik kelas, sehingga mampu bersaing dan menembus pasar internasional.

"Kami berharap para pelaku usaha dapat terus mengeksplorasi kreativitas dalam menghasilkan produk dengan tetap memperhatikan potensi lokal yang ada," kata Rudi.

Selain pameran produk UMKM, Pertamina SMEXPO di Pekanbaru menggelar ragam kegiatan menarik seperti Talkshow untuk peningkatan kapasitas pelaku UMKM mulai digital marketing, fotografi dan perencanaan bisnis dengan narasumber ahli, success story dari para pelaku usaha.

Ada juga kegiatan praktik membuat kerajinan ecoprint, coffee competition, lomba membaca berita, life shopping dan hiburan.

Menurut Rudi langkah ini sebagai upaya Pertamina untuk mendekatkan produk UMKM di tengah masyarakat.

30 UMKM yang hadir merupakan binaan dari Rumah BUMN Pertamina di sekitar Riau, binaanPertakina Hulu Rokan, PT Kilang Pertamina Internasional RU II Dumai, dan Patra Niaga Region Sumbagut.