Pegadaian Akan Bangun Lokasi Pasar Rakyat

id pegadaian akan, bangun lokasi, pasar rakyat

Pegadaian Akan Bangun Lokasi Pasar Rakyat

Pekanbaru (antarariau.com) - Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT. Pegadaian (Persero) mulai tahun 2014 hingga lima tahun ke depan terus menggiatkan pembangunan lokasi-lokasi pasar rakyat untuk meluaskan unit bisnis dengan merambah sektor properti. "

Sektor properti ini sebagai bagian dari ekspansi bisnis yang merupakan pengembangan langsung dari pusat sebagai bentuk optimalisasi aset selain pembangunan hotel berbintang tiga," kata Direktur Bisnis I PT Pegadaian (Persero) Harianto Widodo, di sela Rakorwil II Pekanbaru, di Pekanbaru, Kamis.

Rakorwil dihadiri 69 peserta berasal dari Kanwil Pegadaian II yakni Riau, Kepri dan Sumbar dengan tema "bersama-sama turun ke bawah, bersama-sama temui nasabah untuk mewujudkan penjualan semua lini bisnis.

Didampingi Kepala PT Pegadaian (Persero) Kanwil II Pekanbaru, Provinsi Riau H Mulyono, ia mengatakan, lokasi-lokasi pasar yang dibangun luasnya akan disesuaikan dengan kebutuhan rakyat di saana.

Program pembangunan pasar rakyat ini, katanya, merupakan bagian dari peran Pegadaian untuk membantu pemerintah seperti sentra batik di daerah-daerah yang memungkinkan program itu dibangun.

Bentuk pasar rakyat lainnya di Samarinda yang khusus menjual mobil, di Cirebon pasar rakyat dan di Sumbar sudah dibangun konservasi lingkungan. Disamping itu pembangunan lokasi untuk Pasar Kamis (yang hanya tiap Kamis dibuuka, red), Pasar Senin ramai tiap hari Senin itu atau Pasar Jumat (Kliwon) dan lainnya.

"Jadi kebijakan optimalisasi aset itu tidak melulu harus membangun hotel akan tetapi juga pasar-pasar rakyat sedangkan luas lokasinya akan disesuaikan dengan kebutuhan rakyat di lokasi terkait," katanya.

Sedangkan hotel, Pegadaian secara bertahap sudah membangun satu unit Hotel Pessona masing-masing di Yogya, Solo, Makasar dan di Pekanbaru. Di Kota Pekanbaru sendiri, katanya saat ini realiasasi fisik pembangunan Hotel Pessona itu mencapai 15 persen dan ditargetkan "lounching" pada September 2014.

Pembangunan hotel "Pessona" dengan 140 kamar tersebut --yakni kepanjangan dari Pegadaian Selalu Optimalkan Nilai-nilai Aset-- sesuai dengan konsep pembangunannya hotel ini akan dikelola secara syariah atau dengan dengan manajemen Islami.

Namun demikian di hotel ini tetap dicadangkan satu unit ruangan untuk galeri emas pegadaian. Sedangkan aktivitas kantor Pegadaian (persero) Kanwil II --BUMN yang bergerak dibidang jasa keuangan berbasis gadai, penyediaan kredit mikro dan bisnis emas-- itu kini telah beroperasi di Jalan Sudirman atau di depan Rumah Sakit Awal Bros Pekanbaru.