Hanya ada empat pasar rakyat yang aktif di Inhu

id Rengat,Inhu,Pasar

Hanya ada empat pasar rakyat yang aktif di Inhu

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Inhu Hikmat Praja. (ANTARA/Asri)

"Pasar aktif masih minim, perlu ada penambahan agar roda perekonomian masyarakat semakin membaik"
Rengat (ANTARA) - Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) KabupatenIndragiri Hulu Hikmat Praja menyebutkan, dari 19 pasar rakyat yang ada hanya empat yang masuk kategori aktif di daerah setempat.

"Pasar yang dimaksud aktif tersebut adalah dimana proses jual beli sembako dan lainnya berjalan lancar setiap hari di pasar," katanya.

Pasar itu adalah Pasar Rakyat Rengat, Pasar Lirik, Pasar Pasir Penyu dan Pasar Belilas, yang lain masuk sebagai pasar mingguan.

Aktivitas pedagang dan pembeli hanya berlangsung aktif untuk umum setiap hari, pengelolaan pasar optimal dan biasanya menjadi sasaran masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

"Pasar aktif inilah yang menjadi perhatian khusus instansi terkait, terutama kebersihan," ujarnya.

Karena, setiap hari sejumlah pedagang berjualan beragam dagangan, bisa saja ada sampah ditumpukkan. Petugas harus aktif di pasar ini. Selain itu, kios kios pasar penuh, pedagang jarang berganti ganti tempat.

Sedangkan, 15 pasar lainnya terbuka setiap pekan, dengan hari yang berbeda. Pembeli dan penjual dan masyarakat umum berinteraksi pada saat buka pasar tersebut. Pasar ini juga, pedagang datang dari berbagai daerah hanya untuk jualan saat dibuka saja.

Namun demikian, kata Hikmat, ke depannya penting menambah pasar aktif agar perekonomian masyarakat semakin membaik.

Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2022