Kalaksa BPBD Provinsi Riau apresiasi bantuan pemadaman dari PT Arara Abadi

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, PT Arara Abadi

Kalaksa BPBD Provinsi Riau apresiasi bantuan pemadaman dari PT Arara Abadi

Tim Darat RPK (Regu Pemadam Kebakaran) dari PT Arara Abadi-APP Sinar Mas sinergisitas dengan TNI/POLRI dan masyarakat padamkan karhutla di Desa Belutu, Kandis Kabupaten Siak. (ANTARA/HO-PT Indah Kiat)

Pekanbaru (ANTARA) - Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau, yang juga Wadan Satgas Pencegahan dan Penanggulangan Karhutla Provinsi Riau M. Edy Afrizal, SE.,MH. memberikan Apresiasi kepada PT Arara Abadi APP Sinar Mas berserta mitranya yang telah turut serta membantu memadamkan Karhutla yang terjadi di Provinsi Riau.

“Dengan upaya pemadaman dan gerak cepat dari PT Arara Abadi-APP Sinar Mas dan grup-grup (Mitra APP Sinar Mas) dalam rangka menanggulangi karhutla dan itu membantu Satgas Provinsi Riau untuk pencegahan dan penanggulangan Karhutla Riau, dan kami berharap karena kita dalam satu tim Satgas Karhutla ProvinsiRiau, bantuan-bantuan ini jangan sampai dihentikan dan tetap berlanjut”. kata Edy di Pekanbaru, Jumat kemarin.

Dikatakannya, PT Arara Abadi sebagai salah satu unit usaha Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas bersama Mitra APP Sinar Mas lainnya PT RUJ, PT SGP dan BKM bahu membahu bersama masyarakat dan pemerintah setempat membantu Satgas (Satuan Tugas) Pencegahan dan Penanganan Karhutlayang terjadi di berbagai Daerah/Kabupaten di Provinsi Riau yang saat ini telah memasuki musim panas atau kemarau.

Selain menurunkan tim darat yaitu RPK (Regu Pemadam Kebakaran) dan TRC (Tim Reaksi Cepat) yang lengkap dengan peralatan, juga turut diturunkan tigaHelicopter Water Bombing di antaranya Jenis Superpuma, Kamov yang masing-masing dengan kapasitas Bucket sampai 5000 ltr dan Heli jenis Bells 412 dengan kapasitas bucket sebanyak 1500 liliter juga dipergunakan untuk Heli Patrols dan Sizeup.

Saat ini Tim RPK PT Arara Abadi bersama TNI/Polri/BPBD/Manggala Agni dan Masyarakat (MPA) sedang melakukan pendinginan Karhutla yang terjadi selama 2 hari ini yang berjarak 1 km dari batas luar konsesi salah satu Distrik PT Arara Abadi di Desa Belutu, Kecamatan Kandis, Kabupaten Siak.

“Alhamdulillah Karhutla sudah padam di Desa Belutu, tapi tim darat kita saat ini masih dilokasi untuk melakukan proses Mopup (pendinginan)” ucap Fire Operatioanl Management (FOM) Head PT Arara Abadi-APP Sinar Mas Regional Riau, demikian Priyo S Utomo kepada media menyampaikan.

Selanjutnya Priyo menambahkan: ” FOM Region Riau memiliki 4 pilar dalam pencegahan & penanggulangan kebakaran hutan dan lahan di konsesi APP Sinarmas serta buffer 5 km dari batas luar konsesi. Dari pilar pencegahan, FOM intens melakukan sosialisasi-sosialisasi baik kepada masyarakat, karyawan maupun kontraktor, pembinaan masyarakat menjadi Masyarakat Peduli Api (MPA), pemasangan plang larangan dan himbauan di areal rawan kebakaran.

Dari pilar response cepat terkait pemadaman, FOM juga telah menyiapkan personil yang tersertifikasi Manggala Agni, dan BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) dengan peralatan Pemadam yang sesuai standar dan lengkap, personil Tim Reaksi Cepat (TRC) lengkap dengan Helicopter Patroli dan Helicopter Waterbombing agar semua kebakaran yang terdeteksi dapat dipadamkan sekecil mungkin. Sejak Karhutla yang terjadi di Riau di Wilayah Dumai sebelum Hari Raya Idul Fitri 2023 yang lalu sampai saat ini karhutla yang terjadi di Kabupaten Siak dan Kabupaten Pelalawan.

Tim kita baik Tim Darat maupun Tim Udara Perusahaan Bersama Bapak-bapak dari TNI/POLRI, BPBD, Manggala Agni KLHK (Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan) Republik Indonesia melalui Daops Masing-masing, BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Provinsi dan Kabupaten/Kota telah berpartisipasi aktif memadamkan Karhutla di Provinsi Riau karena kita bagian dari Satgas Pencegahan dan Penanganan Karhutla Provinsi Riau di bawah komando Gubernur Riau Syamsuar termasuk Heliwater Bombing yang bagian dari Tim Satgas Udara TNI AU Danlanud Rusmin NuryadinPekanbaru.

Alhamdulillah sampai saat ini konsesi kita relatif aman dan tidak ada terjadi kebakaran di konsesi kita. Saat ini tim udara dan darat kita sedang membantu satgas untuk pemadaman Karhutla di luar konsesi Distrik Gelombang PT Arara Abadi di Desa Belutu, Kandis Kabupaten Siak dan di Bunga Raya Kabupaten Siak melalui mitra kita Distrik PT BKM, dan juga di Distrik PT SPA di Simpang Kanan Teluk Meranti Kabupaten Pelalawan.

Semua kejadian Karhutla selain kita berkoordinasi dan melaporkan kepada Satgas Karhutla Provinsi Riau melalui Humas kita, kita juga melaporkan dan berkoordinasi kepada aparatur daerah setempat, baik dari tingkat Dusun, Desa, Kecamatan sampai pihak kepolisian (Babinkamtibma) dan Babinsa untuk TNI”. demikian Priyo menyampaikan.