Toyota Latih Petugas Bea Cukai

id toyota latih, petugas bea cukai

Toyota Latih Petugas Bea Cukai

Jakarta (antaranew.com) - Toyota Training Center (TTC) PT. Toyota-Astra Motor melatih petugas bea cukai agar mereka memiliki pengetahuan dalam proses dan teknik pemeriksaan produk otomotif.

"Selesai pelatihan ini mereka diharpakan memiliki pengetahuan dan keterampilan tentang otomotif sehingga mendukung kelancaran pekerjaan mereka," kata Direktur PT. Toyota Astra Motor, Samuel Manasseh, dalam surat elektroniknya disampaikan Dimas, Humas PT . Toyota-Astra Motor, diterima Antara Riau, Kamis.

Samuel menyebutkan selama 2014 ini TTC akan memberikan tiga pelatihan bagi petugas Bea Cukai. Salah satunya adalah yang dilaksanakan pada 25 Februari 2014 di Toyota Training Center yang berlokasi di Cibitung, Jawa Barat.

Kegiatan ini dilakukan, kata dia, bagian dari komitmen Toyota Indonesia untuk tumbuh bersama masyarakat Indonesia melalui pengembangan sumber daya manusia yang kompeten dan berkualitas.

"Pelatihan ini tidak hanya dilaksanakan untuk internal Toyota namun juga melibatkan instansi pemerintahan," kata dia.

Sedangkan bentuk-bentuk training yang diberikan meliputi basic automotive dan vehicle identification number. Dalam basic automotive, materi pelatihan yang diberikan meliputi garis besar komponen kendaraan, komponen dan cara kerja mesin kendaraan.

Selain itu komponen dan cara kerja drive train, komponen dan cara kerja brake system, tipe steering system, body kendaraan, dan pengenalan hybrid technology.

"Sedangkan pelatihan vehicle identification number akan diberikan materi pelatihan berupa nomor identifikasi kendaraan bermotor (NIK/VIN) dan Sertifikasi dan registrasi kendaraan bermotor," katanya.

Ia menambahkan kini, pengembangan kualitas SDM selain di kalangan internal Toyota juga meliputi pengembangan kualitas SDM di lingkungan eksternal dengan mengadakan pelatihan yang bekerja sama dengan berbagai instansi pemerintahan.

Khusus ntuk petugas bea cukai pelatihan yang diberikan adalah berupa diklat pemeriksaan barang otomotif yang sudah dilaksanakan sejak 2007.

Selain pelatihan bagi petugas Bea Cukai, pelatihan lainnya yang sudah dilakukan adalah pelatihan bagi Balurjabar TNI AL, Lembaga Pendidikan Polri Psd. Lantas, Dinas Perhubungan Kota Denpasar, serta Paspampres.