Yayasan Lindungi Hutan dan perusahaan BUMN tanam 458 ribu pohon

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, lindungi hutan

Yayasan Lindungi Hutan dan perusahaan BUMN tanam 458 ribu pohon

Pertagas dan LindungiHutan menanam 1.103 bibit mangrove bersama masyarakat dan kelompok tani di pesisir Tambakrejo, Jawa Tengah. (ANTARA/LindungiHutan)

Jakarta (ANTARA) - Upaya menghijaukan lingkungan telah menjadi kesadaran bersama sehingga gerakan tanam pohon yang dipelopori Yayasan Lindungi Hutan memperoleh sambutan dari banyak pihak termasuk perusahaan BUMN.

Pertamina Gas (Pertagas), Pupuk Indonesia, dan PT Pegadaian adalah di antara perusahaan BUMN yang mendukung dengan berbagai peran dan kontribusinya. Selebihnya ada PT Honda Trading Indonesia, PT Asuransi Jiwa BCA Life dan perusahaan perniagaan daring Tokopedia yang turut bermitra untuk program penyelamatan alam itu.

Head of Partnerships Yayasan Lindungi Hutan, Intan Widianti Kartika Putri, melalui rilis pers yang diterima di Jakarta, Kamis, mengungkapkan capaian jumlah pohon yang berhasil ditanam di berbagai lokasi sejauh ini.

"Sepanjang 2022, LindungiHutan mengolaborasikan penanaman 458.069 pohon di 42 lokasi. Mitra kerja sama LindungiHutan pada tahun 2022 saja mencapai 107 mitra perusahaan maupun merek,” kata Kartika.

Jumlah mitra itu, menurut dia, mencapai seperempat dari total mitra LindungiHutan selama ini. Selain itu, jumlah individu yang terlibat pada program-program penanaman pohon mencapai 9.300 orang.

Kartika mengatakan, ada kesamaan dari perusahaan maupun merek yang berlomba-lomba melaksanakan program penanaman pohon.

"Seluruh lembaga yang bergabung dalam gerakan penanaman pohon kami memang memiliki visi untuk lingkungan dan masyarakat. Menanam pohon di hutan maupun di pesisir akan menjaga keanekaragaman hayati, yang nantinya akan bermanfaat untuk masyarakat setempat.”

"Dengan kata lain, menanam pohon adalah langkah kecil dengan dampak yang besar,” tambah Kartika.

Sejumlah lokasi yang telah memperoleh sentuhan program tanam pohon mangrove di antaranya kawasan ekowisata hutan mangrove Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara, dan di pesisir Pantai Bahagia, Muara Gembong, Bekasi, Jawa Barat serta pesisir Tambakrejo, Jawa Tengah. Selanjutnya Yogyakarta (DIY Yogyakarta) Bontang (Kalimantan Timur), Denpasar (Bali), Makassar (Sulawesi Selatan), Toli-Toli (Sulawesi Tengah), dan Pulau Pari (DKI Jakarta) juga menjadi lokasi penanaman mangrove.

Jika pada perusahaan rintisan publik mengenal istilah crowdsourcing, maka LindungiHutan mengadaptasinya dengan istilah crowdplanting.

Pada peranannya sebagai crowdplanting platform, LindungiHutan menyediakan platform yang bisa diakses siapa saja melalui website lindungihutan.com. Masyarakat umum dapat menginisiasi kampanye penghijauan, memberikan funding, maupun ikut menjadi relawan yang turun ke lapangan.

Kemudahan serupa juga dapat dirasakan oleh perusahaan atau lembaga, yang dapat menginisiasi kegiatan melalui formulir online, serta mendiskusikan program, dampak, dan lokasi kegiatan penghijauan dengan tim LindungiHutan.

Baca juga: Dandim Lombok Tengah tanam 1500 pohon cegah pemanasan global

Baca juga: Ganjar Pranowo dan warga tanam 1.500 bibit pohon selamatkan lahan kritis