Belgia ajukan sebuah permintaan pertukaran tahanan dengan Iran

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, Belgia

Belgia ajukan sebuah permintaan pertukaran tahanan dengan Iran

Ilustrasi - Tahanan. (ANTARA/Jefri Aries/aa)

Brussels (ANTARA) - Belgia mengajukan sebuah permintaan kepada Iran pada Selasa (18/4), berdasarkan perjanjian pertukaran tahanan yang telah disepakati kedua negara, agar pekerja sosial yang dipenjara di Iran, Olivier Vandecasteele, dapat dikembalikan ke Belgia.

Warga Belgia, Vandecasteele, ditangkap dalam sebuah kunjungan ke Iran pada Februari 2022 dan divonis pada Januari dengan hukuman 40 tahun penjara dan 74 cambukan atas berbagai dakwaan termasuk mata-mata.

Menteri Kehakiman Belgia menyatakan Vandecasteele dihukum "untuk serangkaian tuduhan kejahatan yang dibuat-buat" dan sebagai balasan atas hukuman 20 tahun penjara yang diberikan kepada diplomat Iran pada 2021 atas kasus persekongkolan pengeboman yang berhasil digagalkan.

Iran menyatakan bahwa pihaknya terbuka dengan pertukaran tahanan, menunjukkan bahwa negara itu juga ingin agar diplomat Assadollah Assadi, pejabat Iran pertama yang disidang atas kasus dugaan terorisme di Eropa sejak revolusi 1979, dapat dikembalikan ke Iran.

Perjanjian pertukaran tahanan itu telah digugat oleh Dewan Nasional Perlawanan untuk Iran di pengasingan, yang aksi unjuk rasanya di dekat Paris adalah target dari rencana pengeboman yang berhasil digagalkan tersebut.

Seorang juru bicara kementerian luar negeri Iran tidak menjawab ketika ditanyakan apakah permintaan transfer dari Belgia itu akan mengarah kepada pertukaran tahanan.

Baca juga: Lebih dari 2.000 tahanan telah ditukar oleh Rusia dan Ukraina selama setahun

Baca juga: Terseret dugaan korupsi BJB cabang Pekanbaru, oknum ASN di Setwan Riau jadi tahanan jaksa


Sumber: Reuters