PMI Dumai Distribusikan 3.322 Kantong Darah

id pmi dumai, distribusikan 3322, kantong darah

PMI Dumai Distribusikan 3.322 Kantong Darah

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Unit Transfusi Cabang Palang Merah Indonesia Kota Dumai, Riau, mendistribusikan darah dari para pendonor kepada masyarakat sebanyak 3.322 kantong pada 2013.

Kepala UTD Dumai dr Hafidz Permana mengatakan, Selasa, pendistribusian tahun 2013 meningkat dibandingkan 2012 yang hanya mencapai 3.284 kantong darah.

"Darah donor yang paling banyak didistribusikan adalah golongan darah O sebanyak 1.303 kantong darah dan kebutuhan paling banyak kedua golongan darah A sebanyak 997," kata Hafidz.

Menurut dia, layanan distribusi darah donor ini diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan tindakan medis dan pasien di sejumlah rumah sakit yang ada di Dumai dan beberapa daerah di kabupaten tetangga.

Dia menyebutkan, untuk penghimpunan darah sebagai ketahanan stok, selain mengandalkan sumbangan dari pendonor tetap dan sukarela, juga dengan cara menggandeng berbagai pihak melakukan penggalangan darah melalui kegiatan donor darah massal.

Dari kegiatan donor darah ini terbukti cukup mampu dan menolong pihaknya dalam mengusahakan ketersediaan stok darah dari berbagai golongan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat pasien.

"Kegiatan donor darah juga mengalami peningkatan yang dilakukan oleh berbaga pihak, mulai dari instansi pemerintah, TNI Polri, perhotelan, perusahaan swasta dan BUMN maupun BUMD," terangnya.

Hafidz mengatakan, pihaknya juga menggalang pengumpulan darah donor dengan cara berkeliling secara mobile dengan satu unit bus bantuan PMI Pusat ke tempat-tempat keramaian atau ivent tertentu.

"Bagi semua pihak yang berencana melakukan kegiatan donor darah, kita siap diajak kerjasama dan mendatangi lokasi tersebut karena kini sudah bisa melayani secara mobile menggunakan bus khusus," ungkapnya.