Unri-Pengadilan Tinggi Riau berkolaborasi dorong penelitian inovatif untuk mahasiswa

id Unri,penelitian inovatif,mahasiswa Unsri,kolaborasi unri-pengadilan tinggi

Unri-Pengadilan Tinggi Riau berkolaborasi dorong penelitian inovatif untuk mahasiswa

Universitas Riau (Unri) bersama Pengadilan Tinggi Riau berkolaborasi mendorong mahasiswa untuk melakukan penelitian yang inovatif. Antara/Ho-Humas Unri.

Pekanbaru (ANTARA) - Universitas Riau (Unri) bersama Pengadilan Tinggi Riau berkolaborasi mendorong mahasiswa untuk melakukan penelitian yang inovatif agar lulusan perguruan tinggi negeri itu memiliki daya saing nasional dan internasional.

"Kolaborasi berbagi pengetahuan dan pengalaman dibutuhkan dalam upaya meningkatkan kualitas dan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) antara lain melalui bimbingan teknis, dan lokakarya," kata Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Riau Dr Diah Sulastri Dewi SH MH dalam keterangannya di Pekanbaru, Kamis.

Ia mengatakan kolaborasi lain dalam upaya pengembangan SDM adalah berupa seminar dan sosialisasi serta pelaksanaan pengawasan monitoring dan evaluasi, komunikasi, serta diskusi secara rutin dan berkala.

Selain itu, katanya, Unri dan Pengadilan Tinggi juga bekerjasama untuk meningkatkan dan mengembangkan program pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk penyuluhan hukum.

"Adanya berbagi pengetahuan itu bertujuan untuk terjadinya proses transfer ilmu pada seluruh sivitas akademika Unri," kata Diah.

Rektor UNRI Prof Dr Sri Indarti SE MSi mengapresiasi kunjungan kerja Pengadilan Tinggi Riau sekaligus menjadi langkah awal untuk menjalin kerja sama dengan Pengadilan Tinggi Riau.

"Ke depannya akan ada tindak lanjut dari pertemuan ini seperti membuat nota kesepahaman atau perjanjian kerja sama. Pertemuan ini pula diharapkan dapat berdampak besar untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik di Unri," katanya.

Selain itu civitas akademika Unri dapat pula berperan membuat kajian ilmiah tentang peningkatan pelayanan publik, melakukan riset mendalam tentang pencegahan maladministrasi dan lain-lain.

"Kerja sama yang bisa berlanjut adalah kolaborasi antara Pengadilan Tinggi Riau dan Unri seperti penelitian, program magang mahasiswa dan sosialisasi-sosialisasi ke masyarakat," katanya.