Staf Ahli Wakil Presiden akan panen raya padi di Kampar

id Staf ahli wapres, bupati kampar

Staf Ahli Wakil Presiden akan panen raya padi di Kampar

Penjabat bupati Kampar Kamsol memimpin rapat tentang inflasi daerah

Bangkinang Kota (ANTARA) - Staf Ahli Wakil Presiden akan datang ke Kabupaten Kampar dalam rangka panen raya padi dan daun kelor pada Desember tahun ini.

"Ada tiga rangkaian kegiatan di Kabupaten Kampar yang menjadi objek kunjungan Staf Ahli Wakil Presiden, diantaranya panen raya padi serta daun kelor dan lain lain," kata Penjabat Bupati Kampar Kamsol dalam rapat bersama OPD usai zoom meeting bersama Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Senin.

Rapat itu juga membahas tentang hasil pertemuan virtual dengan Mendagri terkait inflasi bersama Kapolres Kampar Didik Priyo Sambodo dan seluruh Forkopimda

"Inflasi merupakan salah satu indikator ekonomi yang berdampak terhadap capaian pembangunan, baik secara langsung maupun tidak langsung karena kemajuan dalam pertumbuhan ekonomi harus ditopang oleh stabilitas harga yang terjaga," terang Kamsol.

Data bulan Juli 2022 inflasi daerah Provinsi Riau berada di peringkat keempat angka inflasi tertinggi se-Indonesia yang mencapai sebesar 7.04 persen.

"Kita akan menghadapi tahun baru, jadi ini maka pemerintah Kabupaten Kampar akan membuat pasar murah dengan merancang semua harga yang kita sepakati bersama, untuk diadakan pada daerah yang tingkat ekonominya sangat sulit," terangnya.

Salah satu langkah pemerintah daerah Kabupaten Kampar menjaga inflasi yakni pada sektor pangan, dengan melakukan penanaman padi Teknologi Intensifikasi Padi Aerod Terkendali Berbasis Organik (IPAT-BO)

Pada tahap awal akan menanam di lahan seluas lebih kurang 85 hektar, dengan target 500 hektar terbagi di beberapa wilayah supaya ekonomi masyarakat tetap stabil. Dalam metode ini, hasil produksi petani akan meningkat dan berkualitas.

Selain itu bersama ninik mamak dan seluruh masyarakat juga akan melakukan sosialisasi dengan memaparkan program pemerintah untuk menangani inflasi di daerah dan desa tersebut.

Ia menekankan kepada seluruh kepala OPD agar terus memantau harga pasar dan kesiapan dalam memasuki musim hujan serta memastikan transportasi penyaluran bahan pokok berjalan dengan lancar.