Ada jejak harimau di kebun warga Kampar Hulu

id Jejak harimau sumatera ,BBKSDA Riau,Jejak harimau,Harimau

Ada jejak harimau di kebun warga Kampar Hulu

Jejak harimau sumatera yang ditemukan di kebun warga Kampar Hulu. (ANTARA/HO-BBKSDA Riau)

Pekanbaru (ANTARA) - Usai ditemukannya jejak harimau sumatera (Panthera tigris sumatrae) di perkebunan warga Kampar Hulu, pihak Balai Besar Konservasi Sumberdaya Alam (BBKSDA) Riau memasang kamera jebak (camera trap) di sekitar lokasi temuan.

Plh Kepala BBKSDA Riau Hartono di Pekanbaru, Rabu, menyebutkan pihaknya terus memonitor terkait keberadaan harimau yang kemungkinan masih berada di sekitar lokasi.

Berdasarkan hasil tinjauan tim di lapangan, Hartono menyebutkan jejak kaki tersebut menunjukkan satwa loreng itu telah berada di usia yang cukup dewasa.

"Di lokasi yang sama sudah dua kali ada temuan jejak harimau. Kami pastikan itu satu individu harimau yang sama. Umurnya juga sudah dewasa," sebut Hartono.

Walaupun jejak ditemukan di perkebunan, lokasi temuan tersebut cukup dekat dengan pemukiman masyarakat. Selain itu ditemukan pula bangkai seekor monyet yang telah tercabik yang diduga dimangsa harimau tersebut.

Pihaknya juga melakukan sosialisasi dan mengimbau masyarakat setempat untuk tetap berhati-hati dan waspada saat melakukan aktivitas harian terutama di sekitar hutan.

"Bila masyarakat menemukan jejak lain dari satwa tersebut, harap segera laporkan agar kami segera berupaya untuk memberikan rasa aman masyarakat," pungkasnya.

Baca juga: Lagi, karyawan perusahaan di Pelalawan diserang harimau

Baca juga: Kemunculan harimau resahkan warga Sadar Jaya Bengkalis