Dosen Universitas Pahlawan beri pelatihan menulis

id Menulis,Universitas pahlawan

Dosen Universitas Pahlawan beri pelatihan menulis

Dosen Universitas Pahlawan Dr. Hj. Molli Wahyuni beri pelatihan Workshop MenulisĀ 

Bangkinang Kota (ANTARA) - Salah seorang dosen Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai Bangkinang Kota DrMolli Wahyuni, S.Si, M.Pd memberikan pelatihan menulis bagi masyarakat Kabupaten Kampar di kantor Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Kampar, Kamis.

Dalam pelatihan dan sosialisasi lomba menulis itu diikuti sebanyak 40 orang dari berbagai macam unsur, dinas dan masyarakat umum.

Mereka yang mengikuti terdiri dari guru, pegawai kantor desa, kantor camat, pustakawan kecamatan dan desa.

Wartawan senior yang juga mantan sekretaris PWI Kabupaten Kampar itu memberikan tips-tips menjadi penulis hebat dan kisi-kisi menulis yang benar. Dia menjelaskan untuk memulai menulis dengan menentukan judul yang akan ditulis.

Menurutnya dalam menentukan judul harus dimulai dari apa yang disukai agar dapat mengembangkan ide dan gagasan yang ditautkan dengan data dan fakta.

Selain itu juga dapat menulis tentang cerita fiksi berdasarkan pengalaman dan pengetahuan dari membaca.

"Sebelum bisa menulis kita harus banyak membaca, namun apa yang kita baca tidaklah serta merta dapat disadur semuanya, harus dapat diolah dengan kalimat sendiri, sehingga tidak melakukan plagiat," kata dewan penasihat PWI Kampar ini.

Kepala Dinas Perpustakaan Kabupaten Kampar Nurhasani yang mendampingi dalam acara ini menyampaikan bahwa pentingnya mensosialisasikan bagaimana cara menulis yang benar, apalagi bagi pustakawan yang ada di desa dan kecamatan.

"Menjadi penulis, sudah pasti orang itu sering membaca, dengan sering membaca maka orang akan menjadi pintar dan berilmu pengetahuan," kata Nurhasani yang juga mantan Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kabupaten Kampar ini.