Rektor UMRI kunjungi PT Arara Abadi-APP Sinar Mas

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara,Arara Abadi

Rektor UMRI kunjungi PT Arara Abadi-APP Sinar Mas

Kunjungan kerja Rektor UMRI ke PT Arara Abadi-APP Sinar Mas (ANTARA/HO)

Perawang-Siak (ANTARA) - Rektor Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) DrSaidul Amin, MA. Bersama para pembantu Rektor dan para Dekanat dan Dosen dari berbagai Fakultas di UMRI juga Mahasiswa melakukan kunjungan kerja/lapangan hari Selasa,30/08/2022. ke PT Arara Abadi hari Seyang merupakan salah satu unit usaha dari Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas sebagai bentuk Link & Match antara Perguruan Tinggi dan Dunia Usaha di Riau.

Kunjungan ini diterima langsung oleh Public Realtions Ir. Nurul Huda, MH, M.I.Kom dan unsur pimpinan PT Arara Abadi-APP Sinar Mas dari Pimpinan FOM (Fire Operasional Management), SSD (Social Security Department) dan R&D (Research & Development) Centre. Dipilihnya PT Arara Abadi untuk melakukan kunjungan kerja ini, dikarenakan adanya korelasi kebutuhan dan hubungan baik antara kedua instansi/lembaga yaitu UMRI dan PT Arara Abadi.

Perguruan Tinggi UMRI sebagai lembaga pendidikan dan penelitian yang mencetak para sarjana calon tenaga kerja yang nantinya juga akan dimanfaatkan oleh perusahaan seperti PT Arara Abadi beserta group-group dan unit usaha dari APP Sinar Mas, apalagi dalam penyesuaian kurikulum pendidikan di dunia pendidikan harus mengakselerasikan kurikulum dan pengajaran dengan kebutuhan riil dari dunia usaha, agar tamatan perguruan tinggi nantinya tidak gagap dalam bekerja.

Rektor UMRI dalam sambutannya menyampaikan: "Terimakasih atas sambutan luar biasa. Ini adalah hal strategis bagi Umri. Perguruan Tinggi harus dekat dengan perusahaan. Sebab dengan dekat perusahaan, kampus akan tahu apa yang dibutuhkan industri.

Baca juga: VIDEO - ANTARA dan APP Sinar Mas sosialisasi pencegahan Karhutla di SMA 1 Pekanbaru

Ada kecenderungan saat ini, dunia industri (dunia usaha) 10 kali lebih cepat berkembangnya, Sementara kampus cenderung tertinggal. Oleh sebab itu, hubungan baik antara kampus dan perusahaan itu sangat diperlukan, agar terjadinya akselerasi yang seimbang nantinya.

Pada kesempatan terpisah, Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi JayusS.Sos,M.IKom menambahkan kunjungan ini sangat mempunyai arti bagicivitas akademika UMRIkarena membuka wawasan bahwa perusahaan ternyata tidak semata-mata hanya berpola fikir profit oriented saja. "Fakta yang kami temukan di lapangan dan diberi kebebasan bertanya dan melihat langsung pada masyarakat, perusahaan juga memperhatikan aspek lingkungan sekitar operasionalnya melalui program CD/CSR perusahaan maupun program DMPA (Desa Makmur Peduli Api)," katanya.

Sementara itu, atas nama Pimpinan PT Arara Abadi-APP Sinar Mas yang disampaikan oleh Nurul Huda, menyampaikanperusahaan mengucapkan selamat datang dan terimakasih kepada Rektor serta rombongan Civitas Akademika dari UMRI, bagi perusahaan PT Arara Abadi. Kunjungan sangat mempunyai nilai tersendiri karena UMRI sebagai salah satu stake holders yang sangat penting bagi Arara Abadi, yang mana sumber tenaga kerja bekerja dan magang di PT Arara Abadi juga ada yang berasal dari UMRI dan perguruan tinggi lainnya di Riau.

Baca juga: Sinar Mas luncurkan buku cerita "Rumbun dan Sahabat Rimba" tentang karhutla

Perusahaan berkolaborasi dan mendukung kegiatan-kegiatan UMRI termasuk ddalam memperkenalkan praktek pencegahan dan penanganan Karhutla (kebakaran hutan dan lahan), memperkenalkan dan mensosialisasikan program-program DMPA (Desa Makmur Peduli Api) serta Program-Program CD/CSR (Community Development/Corporate Social Responsibility) PT Arara Abadi.

Perusahaan juga siap menampung Mahasiswa/Dosen dari UMRI untuk melakukan magang maupun penelitian serta memberikan masukan untuk mengakselerasikan dalam penyusunan kurikulum Pendidikan dan pengajaran di UMRI dan perguruan tinggi lainnya di Riau, agar link & match antara dunia kampus dan dunia usaha dapat terwujud dan harmonis, apalagi saat ini dengan adanya program kampus merdeka, demi untuk kepentingan dan kemajuan Pendidikan di Riau yang kita cintai ini,” demikian Nurul Huda menyampaikan.

Adapun lokasi kunjungan dari civitas akademika UMRI, diantaranya: Pusat dari Pencegahan dan Penangan Karhutla PT Arara Abadi, FOM dan TRC & Heli Base Operation, Ke BPPM (Balai Pelatihan dan Pengembangan Masyarakat) dan Masyarakat Penerima Program DMPA/CD/CSR serta ke pusat R&D dari Sinar Mas.

Dalam Kunjungan Kerja Rektor UMRI ini juga, juga dilakukan tukar menukar Cenderamata antara oleh Rektor UMRI Saidul Amin dengan PT Arara Abadi yang diwakili oleh Nurul Huda.

Baca juga: Komitmen berdayakan masyarakat sekitar PT Arara Abadi & PT Indah Kiat raih CSR Award