Manchester City juara Liga Inggris usai come back tekuk Aston Villa 3-2

id Man City,Liga Inggris,Aston Villa,Matty Cash,Philippe Coutinho,Ilkay Gundogan,Rodri,Liverpool

Manchester City juara Liga Inggris usai come back tekuk Aston Villa 3-2

Gelandang Manchester City Ilkay Gundogan (depan) merayakan keberhasilan mencetak gol keduanya pada pertandingan menghadapi Aston Villa yang berakhir dengan skor 3-2 untuk kemenangan The Citizen pada pekan ke-38 Liga Inggris di Stadion Etihad, Manchester, Minggu (22/5/2022). (ANTARA/REUTERS/HANNAH MCKAY)

Jakarta (ANTARA) - Manchester City akhirnya memenangi Liga Inggris musim ini setelah mengalahkan Aston Villa 3-2 dalam pertandingan akhir pekan lalu di Stadion Etihad Manchester, Minggu.

Dengan sisa dua gol dari Aston Villa melalui Matty Cash dan Philippe Coutinho, Manchester City membalas dengan tiga gol berkat dua gol Ilkay Gundogan dan satu gol dari Rodri.

Kemenangan itu membawa Manchester City ke puncak klasemen akhir Liga Inggris dengan 93 poin dari 38 pertandingan, unggul satu poin dari Liverpool yang berada di posisi kedua, menurut catatan Liga Inggris.

Keberhasilan ini membuat Manchester City meraih gelar Liga Inggris keempatnya dalam lima musim terakhir, hanya gagal di musim 2019/20 saat Liverpool keluar sebagai juara.

Di babak pertama, Man City mengambil inisiatif menyerang lebih dulu dan Gabriel Jesus nyaris memanfaatkan kesalahan lini pertahanan Aston Villa, namun usahanya masih melenceng dari gawang.

Man City kembali mengancam kali ini setelah Jesus mengirimkan operan kepada Phil Foden yang tendangannya masih menyamping di sisi kanan gawang Aston Villa.

Sempat terus-menerus menyerang, Aston Villa malah unggul di menit ke-37 saat umpan Lucas Digne sampai ke kepala Matty Cash yang mampu menjebol gawang Man City sehingga skor berubah menjadi 1-0.

Hingga akhir babak pertama, Man City terus mengurung Aston Villa, namun kedisiplinan lini pertahanan The Villa membuat skor tetap 0-1 hingga turun minum.

Di babak kedua, Man City langsung berinisiatif menyerang dan mencoba membongkar lini pertahanan Aston Villa, namun beberapa upaya yang dilakukan pemain The Citizen masih belum menemukan hasil.

Man City memiliki dua gol tersisa di menit ke-68 ketika Philippe Coutinho mencetak gol kedua Aston Villa di pertandingan setelah menerima umpan dari Ollie Watkins dan mengubah skor menjadi 2-0.

Pada menit ke-75, Man City mempersempit defisit menjadi 1-2 setelah umpan silang Raheem Sterling disundul dengan baik oleh Ilkay Gundogan.

Man City mampu menyamakan kedudukan pada menit ke-78 ketika umpan Oleksandr Zinchenko dimanfaatkan dengan baik melalui tendangan mendatar Rodri ke pojok kanan gawang Aston Villa dan mengubah skor menjadi 2-2.

Ilkay Gundogan mencetak gol keduanya pada pertandingan itu dan membawa Man City memimpin 3-2 setelah menerima umpan dari Kevin De Bruyne pada menit ke-81.

Di sisa babak kedua, Man City berusaha mengamankan keunggulan dengan berusaha menahan bola sekuat mungkin dan hingga peluit panjang dibunyikan, skor tetap 3-2.