Resmi dilantik, HIPMI Riau dorong UMKM naik kelas dan rambah pasar dunia

id HIPMI Riau, UMKM, Pasar dunia, naik kelas, pelantikan

Resmi dilantik, HIPMI Riau dorong UMKM naik kelas dan rambah pasar dunia

Proses pelantikan BPD HIPMI Riau periode 2021-2024 (ANTARA/Diana S)

Pekanbaru (ANTARA) - Ketua Umum Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP HIPMI) Mardani H Maming memimpin pelantikan pengurus BPD HIPMIProvinsi iau periode 2021-2024 di salah satu hotel di Pekanbaru, Jumat malam.

Adapun tajuk dalam kegiatan tersebut yakni "Menuju HIPMI Riau di Era Keemasan". Pertemuan itu dihadiri Wakil Gubernur Riau Eddy Natar Nasution, Kapolda Riau Irjen Pol Muhammad Iqbal, Kajati RiauDjaja Subagja, anggota DPR RI Syahrul Aidi, Wakil Ketua DPRD Riau Agung Nugroho dan Waka DPRD Riau Hardianto.

Ketum BPP HIPMI, Mardani H Maming menyampaikan selamat atas amanah yang diemban oleh ketua terpilih yakni Rahmat Ilahi. Harapannya, di bawah nahkoda Rahmat Ilahi, HIPMI Riau dapat membersamai UMKM-UMKM yang ada di Riau agar terus berkontribusi di kancah nasional dan pasar dunia.

"Selamat kepada Rahmat Ilahi beserta seluruh jajarannya yang telah bersedia mengabdikan diri baik secara fisik maupun materi di bawah naungan bendera HIPMI untuk berjuang bersama demi kemajuan perekonomian Riau," ujarnya.

Dikatakan dia, Riau merupakan salah satu provinsi yang perekonomiannya

didominasi oleh UMKM. Sektor usaha ini paling tinggi dalam penyerapan tenaga kerja, namun juga menjadi sektor yang rapuh saat terjadi guncangan ekonomi.

Tahun 2021 tercatat sebanyak 341. 695 pelaku UMKM di Riau mendapatkan bantuan produktif usaha mikro (BPUM) dari pemerintah pusat sebagai upaya untuk

menyelamatkan UMKM di saat pandemi.

Pentingnya UMKM juga disadari betul oleh HIPMI sedari awal perjuangan organisasi ini

"Oleh karena itu, kami terus berupaya untuk turut menggandeng UMKM-UMKM daerah agar dapat terus menjaga eksistensi dan tentu saja naik kelas ke level bisnis yang lebih tinggi," sebutnya.

Sementara itu, Ketua Umum BPD HIPMI Riau, Rahmat Ilahi mengatakan akan langsung tancap gas dalam merealiasikan program-program HIPMI Riau.

"Kita menginginkan HIPMI Riau sebagai salah satu lokomotif perubahan menuju Indonesia Emas 2045. Bergerak berdaya saing menuntaskan pekerjaan rumah menjadikan Riau sebagai basis ekonomi bisnis dan UMKM naik Kelas," kata dia.

Dalam kesempatan itu, kepengurusan HIPMI Riau yang baru langsung menjalin kerja sama yang ditandai dengan penandatangan MoU dengan sejumlah instansi, mulai dari perbankan hingga perguruan tinggi.

"Kenapa kita menggandeng Perguruan tinggi, ini bertujuan untuk menciptakan pengusaha-pengusaha baru yang bersumber dari kampus. Akan kita berikan mentoring, nanti setelah mengikuti pelatihan dan diklat HIPMI, mereka akan kita rekomendasikan dan didistribusikan ke perusahaan-perusahaan besar. Mereka ke sana untuk jadi pengusaha bukan pekerja. Permodalannya bersumber dari perbankan yang kita juga jalin MoU-nya," kata Rahmat.