Lantik 65 anggota BPD, Bupati Wardan : BPD adalah pilar utama pemerintah desa

id BPD, pelantikan BPD di Inhil, bupati wardan

Lantik 65 anggota BPD, Bupati Wardan : BPD adalah pilar utama pemerintah desa

Bupati Inhil, Muhammad Wardan melantik anggota BPD Se- Kecamatan Kemuning Kabupaten Indragiri Hilir masa bakti 2021-2027, Selasa (2/11/2021). (ANTARA/dok)

Tembilahan (ANTARA) - Sebanyak 65 anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Se- Kecamatan Kemuning Kabupaten Indragiri Hilir masa bakti 2021-2027, resmi dilantik. Kepada 65 anggota BPD tersebut, Bupati Muhammad Wardan berharap dapat terwujud demokrasi dalam penyelenggaraan pemerintahan desa.

Pengambilan sumpah janji anggota Badan Acara tersebut digelar di lapanganBukit Berbunga Desa Batu Ampar Kecamatan Kemuning, Selasa, (2/11).

Bupati Wardan mengatakan BPD merupakan lembaga perwujudan demokrasi dalam penyelenggaraan Pemerintahan Desa atau sebagai parlemen desa pada era otonomi daerah di Indonesia.

“BPD dapat dianggap sebagai parlemennya desa, lembaga baru di desa pada era otonomi daerah di Indonesia,” ujar Bupati.

Bupati juga mengatakan bahwa BPD merupakan wakil dari penduduk desa bersangkutan berdasarkan keterwakilan wilayah yang ditetapkan dengan cara musyawarah dan mufakat yang terdiri dari Ketua Rukun Warga, pemangku adat, golongan profesi, pemuka agama dan tokoh atau pemuka masyarakat lainnya.

“Masa jabatan anggota BPD adalah enam tahun dan dapat diangkat atau diusulkan kembali untuk satu kali masa jabatan berikutnya,” katanya.

Bupati juga berpesan kepada anggota BPD yang baru diambil sumpah agar segera menyusun program pembangunan melalui perencanaan yang partisipatif dengan tetap mengedepankan aspirasi dan kebutuhan masyarakat.

"BPD harus menjadi pilar utama dan jembatan koordinasi kerja Pemerintah Desa dan masyarakat, segera tanamkan semangat dan tekad dimana keberadaan BPD dapat membantu menyelesaikan setiap permasalahan yang terjadi," tutur Bupati Wardan.

65 orang anggota BPD yang baru di resmikan tersebut mewakili dari 10 Desa Se- Kecamatan Kemuning di antara nya Desa Air Balui, Desa Kemuning Muda, Desa Talang Jangkang, Desa Sekara, Desa Batu Ampar, Desa Limau Manis, Desa Lubuk Besar, Desa Tuk Jimun, Desa Kemuning Tua dan Desa Keritang.

ADVERTORIAL