Hujan Empat Jam Jadikan Siak Terendam

id hujan empat, jam jadikan, siak terendam

Pekanbaru, (antarariau.com) - Musim hujan dan banjir yang terjadi di beberapa wilayah di Indonesia ternyata juga dialami warga Siak, Provinsi Riau dengan terendamnya beberapa kawasan setelah hujan mengguyur selama sekitar empat jam di daerah itu pada Senin.

"Air sudah mencapai teras rumah akibat hujan sejak jam empat subuh tadi dan masih menggenang hingga siang ini," kata seorang warga Kecamatan Mempura, Kabupaten Siak, Yanti (43), di Siak, Selasa.

Rumah milik Yanti yang terletak sekitar 200 meter dari kompleks perkantoran Pemerintahan Kabupaten Siak itu terendam sejak pagi.

"Begitu bangun, teras rumah sudah terendam, padahal hujan berlangsung hanya sekitar empat jam," katanya.

Kondisi alam Kabupaten Siak sebagian besar terdiri atas dataran rendah di bagian timur dan sebagian dataran tinggi di sebelah barat, serta kawasan rawa-rawa.

Lahan setempat subur untuk pengembangan pertanian, perkebunan, dan perikanan. Daerah itu beriklim tropis dengan suhu udara antara 25-32 derajat Celsius, dengan kelembaban dan curah hujan cukup tinggi.

Sebelumnya, Wakil Bupati Siak, Alfedri meninjau banjir yang melanda kawasan pertanian di Kecamatan Sungai Mandau.

"Areal sawah seluas 781 hektare terendam banjir," katanya.

Persawahan yang terendam banjir meliputi lima lokasi yakni Desa Muara Kelantan kurang lebih 60 hektare dari luas sawah 274 hektare, Desa Muara Bungkal 180 hektare dari luas sawah 225 hektare, Desa Lubuk Jering 15 hektare dari luas sawah 60 hektare.

"Sementara di dua titik terendam semua, yakni Desa Olak seluas 13 hektare dan 14 hektare di Desa Teluk Lancang," katanya. (Rosyita)