60 Ribu UKM Riau Diminta Manfaatkan Momen ISG

id 60 ribu, ukm riau, diminta, manfaatkan momen isg

Pekanbaru, (antarariau) - Pemerintah Kota Pekanbaru meminta 60 ribu usaha mikro kecil menengah dan koperasi setempat memanfaatkan kegiatan bergengsi internasional "Islamic Solidarity Games" yang diikuti 57 negara pada Juni 2013.

"Karena instansi terkait di jajaran Pemkot Pekanbaru agar menggencarkan pembinaan pada UMKM itu sehingga pemilik usaha bisa meningkatkan kesejahteraan mereka," kata Wakil Wali Kota Ayat Cahyadi di Pekanbaru, Jumat.

Ia mengatakan itu terkait bakal digelarnya ISG yakni event olahraga internasional yang melibatkan atlet dari negara-negara anggota Organisasi Kerja Sama Islam (OKI). Kegiatan ini berada di bawah pengawasan Islamic Solidarity Sport Federation (ISSF).

Menurut dia, sama pada PON VIII Riau lalu, ISG merupakan sarana efektif dalam meningkatkan produktivitas usaha UMKM melalui berbagai kegiatan pameran dagang dan penjualan aneka produk yang diproduksi UMKM itu.

Pada PON lalu, banyak UMKM yang belum terlibat dalam mempromosikan usaha antara lain banyaknya pemilik usaha yang berasal dari luar Provinsi Riau sehingga peluang tersebut belum maksimal dimanfaatkan UMKM Pekanbaru.

Sementara itu, katanya lagi, ISG, tinggal tujuh bulan lagi, merupakan waktu yang cukup singkat dalam menyiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan dalam menyukseskan acara tersebut.

"Karena itu seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah yang terkait harus menyiapkan jalan-jalan khususnya yang berlobang, dan persiapan sarana dan prasarana pendukung lainnya untuk menyukseskan ISG itu," katanya.

Selain itu, pembinaan terhadap para UMKM Pekanbaru perlu terus ditingkatkan, agar mereka bisa memanfaatkan lebih maksimal lagi ajang ISG bergengsi internasional itu.

Saat ini ISG memasuki penyelenggaraan ketiga yang rencananya akan diadakan di Indonesia. Sebanyak 57 negara di dunia direncanakan kembali akan mengikuti dan menghadiri acara Islamic Solidarity Games di Riau pada 6-17 Juni 2013. Acara ini menampilkan berbagai kegiatan antara lain pertandingan 17 cabang olahraga, acara kebudayaan, transaksi investasi, dan lain-lain.

Sebanyak 57 negara peserta ISG adalah negara-negara berpenduduk muslim terbesar di dunia seperti Arab Saudi, Mesir, Irak, Iran, Turki, Bahrain, Pakistan, Afghanistan, Yaman, Libia, Syria, Palestina, Kuwait, Indonesia, Malaysia, Brunai Darussalam, Nigeria, Bangladesh, Oman, Mauritania, Moroko, Uzbekistan, Nigeria, Senegal, Tunisia, Somalia, Guinea, Azerbaijan, Tajikistan, Congo (Kinshasa), Jordania, Turkmenistan, Kyrgyzstan, Mauritania, Oman, Albania, dan lain-lain.