Peparnas: Perenang Kalsel Pecahkan Rekor Nasional

id peparnas perenang, kalsel pecahkan, rekor nasional

Pekanbaru, (antarariau) - Perenang Muhammad S asal Kalimantan Selatan memecahkan rekor nasional untuk nomor 100 meter gaya dada putra dengan waktu 1,16.12 menit Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XIV/2012 di Pekanbaru, Riau, Senin, sehingga berhak meraih medali emas.

Sedangkan rekor nasional Papernas diraih Agus Ngaimin (Jawa Tengah) dengan waktu 1,17.68 menit.

Namun medali perak dipersembahkan Fajar Nurhandianto dari Jawa Tengah dengan waktu 1,24.10 menit dan perunggu oleh perenang Kuntro (Kalimantan Barat) dengan waktu 1,31.68 menit.

Pada pertandingan nomor 100 meter gaya bebas itu, semula Fajar sempat memimpin tapi akhirnya disusul sekitar 15 meter mendekati garis akhir.

Untuk nomor 100 meter gaya bebas itu terdapat tujuh perenang diantaranya Kasiani dan Imanuddin (Kalimantan Tengah), Abdul Rahman Uzni (Riau), Isman Apriyanto (Jawa Timur).

Walau begitu, perenang tuan rumah Riau harus puas pada peringkat kelima dengan waktu tempuh 1,33.97 menit.

Sementara itu, pelatih renang Riau, Asri mengatakan anak asuhnya belum berhasil meraih medali karena lawan yang dihadapi berat seperti dari Kalimantan Selatan dan Jawa Tengah.

"Perenang kami Abdul Rahmad masih butuh jam bertanding lebih lama sehingga ketika di kolam tidak canggung," kata pelatih yang biasa disapa Ahok itu.

Namun begitu, untuk masa mendatang diharapkan perenang asuhan itu dapat meraih medali pada Peparnas 2016.

Pertandingan renang nomor gaya bebas 100 meter rekor terbaik Asia Tenggara dipecahkan Sitichais (Thailand) dengan waktu 1,14.60 menit.

Peparnas XIV di Riau memperebutkan sebanyak 1.334 medali terdiri dari 424 emas, 424 perak, dan 486 medali perunggu, dimulai 7-13 Oktober 2012.

Bahkan Peparnas Riau mempertandingkan sebanyak 11 cabang olahraga yakni angkat berat, boling, panahan, atletik, bulutangkis, catur, futsal, tenis lapangan kursi roda, renang, tenis meja serta bola voli duduk.