IKM Pekanbaru Akan Difasilitsi Buka Gerai Di Hotel

id ikm pekanbaru, akan difasilitsi, buka gerai, di hotel

Pekanbaru, (antarariau) - Sejumlah pelaku Industri Kecil Menengah Kota Pekanbaru, akan difasilitasi membuka gerai dagang aneka produk usahanya di beberapa hotel tempat penginapan para atlet PON XVIII Riau.

"Pelaku IKM akan menggelar dagangan mereka dalam bentuk paket hemat dikelola oleh sejumlah relawan yang ditunjuk di hotel-hotel tempat menginapnya para atlet PON tersebut. Ini upaya sementara menunggu kebijakan PB PON XVIII Riau untuk membuka gerai dagang di arena pertandingan," kata Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Pekanbaru, El Sabrina, Rabu.

Menurut El Sabrina, pembukaan gerai dagang di hotel-hotel tersebut merupakan terobosan dari salah seorang pengurus lembaga Cinta Lingkungan, Novi, yang juga pemimpin redaksi salah satu media cetak di Kota Pekanbaru.

Yang bersangkutan kata Sabrina, juga menunjuk sejumlah tenaga yang berperan langsung menjualkan produk IKM dengan pola paket hemat mulai dari harga produk Rp50 ribu, Rp75 ribu, Rp100 hingga Rp150 ribu.

"Aneka paket hemat itu terdiri atas produk asesories khas Melayu, makanan seperti kue bangkit, slai nenas, dan lainnya serta sejumlah cenderamata," katanya.

Untuk itu, Novi akan bertindak langsung sebagai mediator ke manajemen perhotelan terkait agar mereka bersedia membuka sejumlah stand atau gerai-gerai dagang tersebut di lobi-lobi hotel.

Keberadaan stand dagang yang langsung dibuka di lobi-lobi hotel tersebut, katanya sebagai terobosan yang menarik sehingga atlet bisa menghemat waktu dan tenaga untuk mengumpulkan aneka oleh-oleh dan cenderamata untuk dibawa ke daerahnya masing-masing setelah selesai pertandingan.

"Upaya ini sangat efektif dalam mempromosikan produksi IKM selain meningkatkan pendapatan dan keuntungan IKM dalam perhelatan nasional tersebut," katanya.

Akan tetapi, katanya lagi, pihaknya juga masih menunggu izin dari Pengurus Besar PON XVII Riau agar IKM Kota Pekanbaru diberi kesempatan untuk membuka stand pada arena-arena pertandingan.

Berdasarkan data Dinas Perindag Kota Pekanbaru tercatat sebanyak 35 unit pelaku IKM bidang industri rotan, songket dan bordir 232 unit, souvenir 10 KUBE, dan industri pangan kecil 156 unit.