Disperindag Pekanbaru Alokasikan Rp2,5 Miliar Promosi IKM

id disperindag pekanbaru, alokasikan rp25, miliar promosi ikm

Pekanbaru, (antarariau.com) - Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Pekanbaru, Riau, mengalokasikan Rp2,5 miliar anggaran tahun 2013 untuk mendukung promosi produk usaha industri kecil mikro (IKM) di kota itu.

"Kegiatan promosi juga dilakukan dalam dan di luar kota Pekanbaru hingga ke luar negeri guna menarik minat konsumen terhadap hasil produksi IKM," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Pekanbaru Elsyabrina dalam keterangannya di Pekanbaru.

Menurut dia, promosi penting dilakukan sebagai media untuk menjembatani kepentingan produsen dengan konsumen, mengubah sikap dan tingkah laku pembeli, yang sebelumnya tidak mengenal produk IKM menjadi mengenal sehingga berminat membeli produk tersebut.

Ia mengatakan melalui kegiatan promosi, maka volume penjualan IKM dapat meningkat, dan juga dapat meningkatkan laba IKM tersebut.

"Kegiatan promosi dilakukan hampir di beberapa kota di Indonesia, sedangkan untuk luar negeri dominan di negeri jiran yakni Malaysia," katanya.

Sedangkan jenis produksi IKM yang dibiayai promosinya adalah sandang bordiran, tenunan dan songket, kerajinan, "malai" kelapa, rajutan dan produk lainnya.

Pekanbaru memiliki 1.545 IKM yang terdaftar, namun sebagian besar produk mereka masih terbatas atau masih diproduksi secara tradisional.

"Namun demikian dalam kegiatan promosi tetap bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Riau agar IKM tersebut mampu bersaing secara lokal, nasional, dan terutama mengisi pasar lelang," katanya.

Ia menambahkan, selain kegiatan promosi anggaran sebesar Rp2,5 miliar itu juga membiayai kegiatan pelatihan dan pemasaran.