Pekanbaru Gelar Pekan Promosi IKM Menuju MEA

id pekanbaru gelar pekan promosi ikm menuju mea

 Pekanbaru Gelar Pekan Promosi IKM Menuju MEA

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Pemerintah Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, menggelar Pekan Promosi Industri Kecil dan Mikro (IKM), guna meningkatkan daya saing dalam menyambut pemberlakuan Masyarakat Ekonomi Asian tahun depan.

"Ini salah satu ajang mempersiapkan masyarakat Pekanbaru untuk menghadapi MEA, khususnya¿dalam bidang industri dan perdagangan," ungkap Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Kota Pekanbaru, Azwan, di Pekanbaru, Minggu.

Azwan menyebutkan, Pemerintah Kota Pekanbaru sangat konsen dan komit untuk mengembangkan program pemberdayaan masyarakat. Ada berbagai cara dilakukan untuk merangsang hal tersebut baik lewat stimulus permodalan, hingga pelatihan dan ajang pameran seperti saat ini.

Menurut Azwan dengan bantuan untuk pemberdayaan ini diharapkan masyarakat Pekanbaru memiliki jiwa enterpreneur, serta mampu berkomunikasi dengan baik dengan dunia pasar lokal maupun internasional.

"Kami juga mengharapkan pelaku usaha memiliki produk yang lebih berkwalitas, dengan kemasan yang bagus dan menarik," tuturnya.

Karena dengan kualitas tersebut, dipastikan IKM bisa bersaing dengan pelaku usaha terutama saat MEA berlaku, bisa meraih pasar di negara Asian juga.

Tentunya untuk mewujudkan ini semua, sangat dibutuhkan kerjasama yang baik antara masyarakat dengan pemerintah kota Pekanbaru.

Kekompakan untuk mencintai produk dalam negeri salah satu cara untuk menjaga pasar dalam negeri tetap kuat dan tidak tergusur oleh produk asing.

"IKM harus selalu kreatif dan inovatif dalam berkarya sehingga produk-produk yang dihasilkan selalu menarik bagi para pembeli," ujar Azwan.

Azwan juga menambahkan pada Pekan Promosi Industri Kecil dan Menengah yang digelar Pemerintah kota Pekanbaru, Disperindag juga ingin memfasilitasi kerjasama kemitraan industri dengan swasta.

Dengan demikian masalah permodalan dan bapak angkat bisa membantu IKM lebih berkembang dan memiliki daya saing.

"Diharapkan usaha-usaha masyarakat yang ada lebih cepat berkembang dan bahkan mampu bersaing dengan negara-negara Asean," tuturnya.¿

Walau¿Pekan Promosi Industri Kecil dan Menengah di mall SKA Pekanbaru ini berlangsung dua hari dari tanggal 19-20 september 2015. Namun Pemko berharap dapat membawa arti dan inspirasi baru bagi masyarakat lain membuka usaha baru.

Data IKM Pekanbaru mencatat puluhan karya kerajinan pakaian, peralatan rumah tangga, makanan dipamerkan pada acara tersebut.