Lebaran, Danau Khayangan Justru Sepi Pengunjung

id lebaran danau, khayangan justru, sepi pengunjung

Lebaran, Danau Khayangan Justru Sepi Pengunjung

Pekanbaru, (antarariau) - Danau Kayangan objek wisata unggulan di Pekanbaru, Riau, Selasa siang atau Lebaran hari ketiga tampak sepi pengunjung.

Dari pantauan, di Danau Kayangan yang berlokasi di Kecamatan Rumbai Pesisir hanya tampak iringan kendaraan roda dua dan roda empat di pintu masuk utama.

Namun, iring-iringan kendaraan itu tidak terjebak antrean panjang, dan masih dalam kondisi lancar.

Sementara itu, di lokasi dalam, hanya tampak ratusan pengunjung yang tertumpuk di pusat acara yang diselenggarakan panitia, yakni berupa orgen tunggal dan pertunjukkan sirkus lokal yang menghadirkan beberapa ekor gajah jinak.

"Pengunjung hari ini tidak seramai sebelumnya," kata Duyun, salah seorang panitia Danau Kayangan yang ditemui di lokasi wisata unggulan "Kota Bertuah" itu.

Pada hari Lebaran pertama dan kedua sebelumnya, demikian Duyun, tiket masuk yang terjual dalam sehari bisa mencapai 2.000 tiket.

"Sementara hari ini, sampai siang, tiket yang terjual belum sampai seribu atau masih sekitar ratusan tiket masuk saja," katanya.

Duyun menjelaskan, harga tiket masuk ke lokasi wisata Danau Kayangan atau yang dikenal Danau Buatan itu per orangnya dikenakan sebesar Rp10.000.

"Sementara untuk tiket masuk kendaraan roda dua yakni Rp2.000 dan roda empat sebesar Rp4.000 per unit kendaraan," katanya.

Danau Kayangan atau Danau Buatan merupakan lokasi wisata unggulan di Pekanbaru yang dirancang sebagai tempat wisata terbaik di Sumatra.

Pemerintah Kota Pekanbaru, Riau, bahkan lebih sering menggelar berbagai event khusus budaya dan lainnya di Danau Kayangan yang memiliki lahan seluas 14 hektar, terletak di Kelurahan Lembah Sari, Kecamatan Rumbai Pesisir.

Salah satu event besar yang sempat dilaksanakan pemerintah setempat yakni Festival Danau Kayangan, dengan jumlah pengunjung yang mencapai lebih dari 3.000 orang.

"Setelah Festival Danau Kayangan nanti kami akan sering menggelar acara budaya di kawasan tersebut karena merupakan obyek wisata andalan," kata Kepala Dinas Pariwisata Pemerintah Kota Pekanbaru, Destrayani Bibra, di Pekanbaru.

Sebelumnya, pada acara Festival Danau Kauyangan belum lama ini, Walikota Pekanbaru, H Firdaus mengharapan acara itu dapat digelar secara rutin setiap tahunnya.

Hal itu menurut dia, guna menonjolkan lokasi wisata unggulan itu untuk menjadi magnetut wisatawan luar daerah maupun mancanegara.

Festival Danau Kayangan merupakan rangkaian acara yang baru pertamakali digelar pada HUT Kota Pekanbaru yang ke-228 dan beberapa agenda lainnya seperti lomba lari 10 km dengan total hadiah sebesar Rp192 juta.