Diperpanjang pendataan PK21 Pekanbaru capai 73,6 persen

id Pendataan PK21,Kb pekanbaru, bkkbn riau

Diperpanjang pendataan PK21 Pekanbaru capai 73,6 persen

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana  Kota Pekanbaru Muhammad Amin. (ANTARA/HO-Pemko Pku)

Pekanbaru (ANTARA) - Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Disdalduk KB) Kota Pekanbaru, melaporkan capaian Pendataan Keluarga tahun 2021 (PK21) di wilayah setempat baru 73,6 persen dari total keluarga 258.035 KK.

"Karena belum maksimal baik di Pekanbaru maupun nasional maka, Pemerintah Pusat memutuskan untuk memperpanjang proses Pendataan Keluarga tahun 2021 hingga akhir Juni mendatang," kata Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Pekanbaru Muhammad Amin di Pekanbaru, Rabu.

Dikatakan Amin, hingga awal Juni kemarin jumlah keluarga yang sudah masuk dalam PK21 di Kota Pekanbaru 189.952 KK, dari total 258.035 KK yang ada di Pekanbaru.

"Sampai 1 Juni itu yang didata sekitar 73,6 persen," ungkapnya.

Sebutnya, meski belum mencapai target di angka 100 persen namun, hasil PK21 di Kota Pekanbaru masuk yang tertinggi di Provinsi Riau.

"Begitu juga nasional, hasil pendataan kita juga masuk yang tertinggi," katanya.

Disebutkan Amin, terdapat berbagai kendala yang dihadapi kader pendata saat melakukan pendataan di lapangan. Di antaranya karena pandemi COVID-19, bertepatan dengan Bulan Ramadhan dan kemudian lebaran Idul Fitri.

"Kadang-kadang, warga susah ditemui, tidak mau membuka pintu rumah," katanya.

Untuk kendala warga yang susah ditemui, dikatakan Amin akan segera dikoordinasikan pihaknya dengan camat dan lurah setempat. Diharapkan, warga bersangkutan bisa membantu mempermudah kader pendata dalam melaksanakan tugasnya.

"Kita tentu berharap warga bisa membuka diri. Karena itu kita akan koordinasikan dengan camat dan lurah," tutupnya.