BAZ Dumai Salurkan Zakat Hingga Rp100 Juta

id baz dumai, salurkan zakat, hingga rp100 juta

Dumai, (antarariau) - Badan Amil Zakat (BAZ) Kota Dumai, Provinsi Riau pada bulan puasa tahun ini akan menyalurkan zakat profesi para muzaki kepada 300 mustahik berhak dengan total nilai Rp 100 juta.

Ketua Harian BAZ Kota Dumai, Abdul Rasyid Ridho, mengatakan bahwa pihaknya mengarahkan penyaluran zakat konsumtif berbentuk uang itu kepada penerima dari kalangan kaum duafa, fisabilillah, sabilillah, amil zakat, dan para mualaf.

"Selama Ramadan ini, kami akan salurkan empat tahapan dana pengumpulan zakat profesi para muzaki kepada delapan mustahik," kata Ridho kepada ANTARA, Rabu.

Pada tahun sebelumnya, kata dia, jumlah penerimanya sebanyak 700 mustahik. Penurunan ini terkait dengan kemampuan keuangan BAZ Dumai dalam upaya penghimpunan zakat para muzaki.

Di lain pihak, lanjut dia, masih banyaknya di antara muslim Dumai yang berkemampuan harta belum menunaikan kewajiban membersihkan hartanya di jalan Allah SWT.

"Kemampuan kami pada Ramadan tahun ini sangat minim dengan maksimal pengumpulan zakat sebesar Rp100 juta. Sejauh ini, kesadaran para wajib zakat masih rendah sehingga hanya bisa menyalurkan zakat kepada mustahik di dua kecamatan," ungkapnya.

Sebelum Ramadan, BAZ Dumai juga telah menyalurkan zakat produktif berbentuk barang keperluan usaha kepada 25 mustahik yang ingin berusaha dengan nominal penyaluran Rp40 juta.

Penghimpunan dana zakat selain bersumber dari zakat yang dikeluarkan instansi di lingkungan Pemerintah Kota Dumai, juga berasal dari pribadi, perusahaan swasta, BUMD, dan BUMN.

Terakhir, dia mengimbau masyarakat muslim di Kota Dumai yang merasa berkemampuan dan memiliki pendapatan di atas Rp3,5 juta agar dapat mengeluarkan zakat pendapatan sebesar 2,5 persen sesuai yang ditentukan.