Kemenkumham salurkan zakat fitrah sebesar Rp1,4 miliar ke Baznas

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara,Kemenkumham

Kemenkumham salurkan zakat fitrah sebesar Rp1,4 miliar ke Baznas

Kemenkumham salurkan zakat fitrah sebesar Rp1,4 miliar ke Baznas (ANTARA/HO-Kemenkumham)

Pekanbaru (ANTARA) - Zakat fitrah merupakan zakat yang diwajibkan untuk setiap jiwa yang dilakukan setiap Ramadhan menjelang hari Raya Idul Fitri, Kemenkumham mengumpulkan zakat para pegawai di bulan Ramadhan 1944 Hijriah sebagai bentuk kepedulian untuk berbagi kebahagiaan dengan sesame pada Hari Raya Idul Fitri.

Pada Senin (17/4), seluruh jajaran pada Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Riau yang beragama Islam berkumpul pada ruang serbaguna Ismail Saleh untuk mengikuti penyerahan Zakat Keluarga Besar Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia kepada Badan Amil Zakal Nasional (BAZNAS) yang berpusat pada Graha Pengayoman Jakarta secara daring. Turut hadir Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Riau M Jahari Sitepu, Kepala Divisi Administrasi Johan Manurung, Kepala Divisi Imigrasi Is Edy Eko Putranto, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Edison Manik, pejabat struktural, serta seluruh jajaran pada Kanwil Kemenkumham Riau.

Pada kesempatan ini total Rp. 1.453.917.071 berhasil dikumpulkan oleh seluruh jajaran Kemenkumham dan diserahkan secara simbolis oleh Wakil Menteri Hukum dan HAM Edward Omar Sharif Hiariej dan diterima oleh pimpinan Bidang Keuangan dan Umum BAZNAS. “Atas nama pimpinan Kementerian Hukum dan HAM, Saya ucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran Kementerian Hukum dan HAM yang telah menunaikan kewajiban berzakat melalui BAZNAS RI,” sebut Wamen Kumham.

Di bulan suci Ramadan ini beliau juga mengajak agar seluruh jajaran meningkatkan ketakwaan dengan memperbanyak amalan, berbuat kebaikan, termasuk berinfak, bersedekah, dan berzakat sebagai wujud rasa syukur, rasa terima kasih atas segala nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT.

“Dengan menyalurkan zakat melalui BAZNAS, Kementerian Hukum dan HAM turut mendukung program pemerintah dalam menyelesaikan beragam persoalan sosial, pengentasan kemiskinan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan manyalurkan zakat secara tepat sasaran kepada masyarakat yang membutuhkan,” ujar Eddy.

Ketua BAZNAS RI, Noor Achmad, menyebutkan bahwa pihaknya sangat bersyukur dengan eufoia cinta zakat yang telah diluncurkan oleh Presiden RI Joko Widodo sejak dua tahun silam disikapi oleh seluruh ASN dan masyarakat dengan gegap gempita. “Dengan gerakan cinta zakat telah terjadi peningkatan zakat fitrah rata-rata 30 persen. Ini luar biasa. Apa yang Bapak Ibu berikan akan menjadi penguatan bagi mereka yang membutuhkan, maka dari itu kami selalu berkomitmen untuk laksanakan prinsip aman syar'i, aman regulasi dan aman regulasi,” sebutnya.

Jajaran yang terdiri dari 30 Satuan Kerja di lingkungan Kanwil Kemenkumham Riau turut berpartisipasi mengumpulkan zakat sebesar Rp75.570.000. “Zakat merupakan rukun Islam yang memiliki kedudukan penting seperti salat. Demi melengkapi ibadah puasa kita, wajib untuk turut memberikan zakat. Bagi seluruh jajaran yang telah melaksanakan rukun Islam ini, saya ucapkan terima kasih, semoga kita semua dapat berbagi kebahagiaan di hari kemenangan nanti,” sebut Kakanwil.