BAZ-Dumai Terima Zakat PD Pelabuhan

id baz-dumai terima, zakat pd pelabuhan

Dumai, (antarariau) - Ketua Badan Amil Zakat (BAZ) Kota Dumai Agus Hidayat menerima dan menampung zakat mal (maal) milik Perusahaan Daerah (PD) Pelabuhan Dumai Bersemai Rp59 juta.

Direktur PD Persemai Syafruddin Atan Wahid di Dumai, Kamis mengatakan bahwa pembayaran zakat mal tahun ini meningkat pesat ketimbang partisipasi zakat 2010 sebesar Rp49 juta.

Perusda yang bakal beralih status ke Perusahaan Terbatas (PT) ini membayarkan zakat mall hasil dari 2,5 persen dari keuntungan perusahaan menjalankan aktivitas jasa pemanduan dan penundaan kapal di sejumlah pelabuhan khusus industri.

Zakat mal perusahaan telah dibayarkan rutin setiap tahunnya sejak tahun 2007 lalu dan selalu dibayarkan bertepatan dengan bulan suci ramadan.

Hal ini dilakukannya, karena sebagai salah satu BUMD Dumai, merupakan kewajiban untuk membayarkan hasil laba perusahaan setelah dipotong dengan kewajiban bayar pajak penghasilan dan operasional.

"Zakat tahun ini yang kita bayarkan meningkat dibanding tahun lalu, artinya di perjalanan aktivitas perusahaan tahun ini memperoleh keuntungan cukup bagus," kata Syafruddin.

Dia menjelaskan, pelaksanaan wajib bayar zakat mal ini akan diupayakan pihaknya selalu ditunaikan untuk dapat disalurkan membantu para mustahiq penerima yang tergolong didalam 8 asnaf.

Sementara, Ketu BAZ Dumai Agus Widayat menyampaikan, jika semua perusahaan di Dumai mencontoh PD Persemai, maka potensi zakat yang bisa dikumpulkan akan semakin banyak dan bisa membantu lebih banyak para kaum duafa dan fakir miskin yang ada.

"Di tengah kesibukan menjalankan rutinitas kita sangat bangga dengan perusahaan daerah ini mampu menyisihkan laba untuk mengeluarkan zakat mall. Kalau semua swasta mencontoh BUMD ini tentu saja potensi zakat yang terkumpul bisa semakin banyak untuk membantu para mustahik 8 asnaf," terang Agus Widayat.